Daftar Makanan Ini Bisa Bunda Berikan, Apabila Bayi Kekurangan Zat Besi

72
Ilustrasi. Foto net.

Jakarta, Muslim Obsession – Kepada para Bunda diharapkan untuk tidak terlalu khawatir jika bayi Anda mengalami kekurangan zat besi.

Beberapa daftar makanan yang akan dijelaskan dalam artikel ini, barangkali bisa membantu Bunda untuk memilih makanan yang bergizi dan mengandung banyak zat besi bagi si buah hati.

Bila bayi kekurangan zat besi memang bisa membuatnya mengalami anemia, yang akan menghambat tumbuh kembangnya. Padahal, kebutuhan zat besi bisa dipenuhi oleh jenis makanan tertentu, tanpa perlu mengonsumsi suplemen.

Dikutip dari Alodokter, makanan dari tumbuhan dan hewan memiliki kandungan zat besi yang cukup. Bayi yang berusia 7-12 bulan membutuhkan sekitar 11 mg zat besi per harinya. Jumlah tersebut dapat dicukupi dari asupan makanannya sehari-hari.

Mengapa Zat Besi Penting untuk Bayi?

Untuk memproduksi hemoglobin pada tubuh bayi diperlukan zat besi. Bagian dari sel darah merah ini bertugas membawa dan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh, serta memberikan warna merah pada darah.

Apabila kadar hemoglobin dalam darah kurang, bisa menyebabkan bayi mengalami anemia, gangguan pada sistem gerak, gangguan perilaku, dan gangguan belajar nantinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here