Catat! Ini Jenis Buah yang Mengandung Gula Paling Tinggi dan Rendah

300

Jakarta, Muslim Obsession – Buah adalah salah satu makanan yang paling dibutuhkan manusia. Karena dalam buah mengandung banyak vitamin, mineral dan juga serat yang menyehatkan.

Tetapi masalahnya adalah, banyak buah yang rasanya sangat manis apalagi jika sudah matang sempurna di pohon. Meskipun sehat, kita harus membatasi makan buah yang rasanya sangat manis apalagi jika Anda berisiko diabetes.

Dikutip dari WebMD, mari kita simak buah-buahan apa saja yang memiliki kandungan gula paling tinggi dan paling rendah. Agar Anda bisa mengatur berapa banyak sehari buah yang harus dikonsumsi.

Buah dengan Kandungan Gula Tinggi

1. Buah mangga

Buah mangga memiliki serat dan nutrisi ang Anda butuhkan. Tetapi juga memiliki gula alami yang cukup tinggi. Satu buah mangga memiliki 45 gram gula – bukan pilihan terbaik jika Anda mencoba menjaga berat badan atau berapa banyak gula yang Anda makan. Menikmati beberapa potong dan simpan sisanya untuk nanti adalah pilihan yang bijak.

2. Buah anggur

Secangkir anggur mengandung sekitar 23 gram gula. Itu sangat banyak untuk sesuatu menggoda Anda untuk memakannya. Apalagi jika dalam bentuk kismis, maka kandungan gula dalam setiap porsinya akan jauh lebih tinggi.

3. Buah ceri

Buah ini sangat manis, dan memiliki gula yang cukup tinggi. Secangkir ceri mengandung 18 gram gula. Ukur ceri sebagai camilan adalah sebesar kepalan tangan, karena jika berlebih justru tidak baik untuk kesehatan.

4. Buah pir

Satu buah pir ukuran sedang mengandung 17 gram gula. Jika Anda mencoba menguranginya, jangan makan semuanya. Cukup taruh beberapa irisan di yogurt rendah lemak atau di atas salad.

5. Buah semangka

Irisan sedang dari suguhan musim panas ini mengandung 17 gram gula. Buah semangka sarat dengan air, dan memiliki mineral khusus yang disebut elektrolit yang dibutuhkan tubuh. Namun konsumsi sepotong di hari yang cukup panas, sudah cukup.

6. Buah tin

Dua buah surga berukuran sedang mengandung 16 gram gula. Jika Anda mencoba untuk menjaga gula normal, seiris buah tin ukuran sedang cukup untuk kebutuhan cemilan Anda.

7. Buah pisang

Satu pisang ukuran sedang mengandung 14 gram gula. Jika itu tampak lebih dari yang Anda harapkan, potong setengahnya menjadi sereal di pagi atau hancurkan sepotong kecil di tengah sandwich selai kacang Anda.

Buah dengan Kandungan Gula Rendah

1. Buah alpukat

Tidak semua buah mengandung gula tinggi. Sebuah alpukat utuh hanya mengandung 1,33 gram gula. Masukkan ke dalam salad, oleskan di atas roti panggang, atau buat guacamole. Tapi meski rendah gula, namun tinggi kalori, jadi mungkin bukan ide yang baik untuk menjadikannya makanan pokok.

2. Jambu biji

Satu buah jambu biji ukuran sedang mengandung 5 gram gula dan sekitar 3 gram serat. Anda akan mendapatkan lebih banyak serat jika memakan jambu biji dengan kulitnya.

3. Buah raspberry

Buah raspberry kaya akan serat, dan mengandung 8 gram gula dalam setiap cangkirnya. Seratnya baik untuk pencernaan dan dapat membantu Anda merasa kenyang dengan lebih sedikit kalori.

4. Buah pepaya

Separuh dari pepaya ukuran kecil mengandung hanya 6 gram gula. Bahkan yang kecil pun cukup besar, jadi setengahnya cukup untuk dimakan sekaligus. Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit garam laut, atau sesendok yogurt beku untuk camilan tropis.

5. Buah stroberi

Secangkir stroberi utuh hanya memiliki 7 gram. Tambahkan ke salad untuk mendapatkan warna cerah dan sentuhan musim panas yang menggiurkan. Itulah deretan buah yang mengandung gula tinggi dan rendah, agar kita bisa memilih mana yang baik untuk dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here