Calon Kapolri Komjen Listyo Dilantik Jokowi Sebelum 30 Januari 2021

98

Jakarta, Muslim Obsession – Rapat Paripurna DPR telah menyetujui Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Kapolri. Artinya langkah Komjen Listyo tinggal satu tahap lagi pelantikan.

Sebagai tindak lanjut, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar pada hari ini telah mengirimkan hasil rapat tersebut kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno, untuk selanjutnya diagendakan pelantikan.

“Surat persetujuan Kapolri kepada Presiden (Presiden Joko Widodo) melalui Mensesneg sudah disampaikan,” kata Indra dalam keterangan resmi, Jumat (22/1/2021).

Surat yang dikirimkan DPR RI kepada Istana Kepresidenan bernomor PW/00958/DPR/1/2021. Surat tersebut nantinya akan disampaikan Pratikno kepada Jokowi.

Indra mengatakan prosesi pelantikan Listyo akan dilakukan dalam waktu dekat, meskipun tidak memerinci secara jelas kapan tepatnya. Ia menyebut sebelum akhir bulan ini.

“Pelantikan akan dilakukan sebelum tanggal 30 sesuai dengan batas pensiun Kapolri [Jenderal Idham Azis],” jelasnya.

Sebagai informasi, Listyo merupakan calon tunggal Kapolri pilihan Jokowi. Sebelumnya, Listyo menjabat sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri. Ia juga pernah menjadi ajudan Jokowi, dan Kapolda Banten. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here