Bulan Ini, AS Akan Gelar Halal Expo Pertama

632
Halal Expo (Photo: Istimewa)

Chicago, Muslim Obsession – Festival “I Heart Halal” perdana akan diadakan pada 13-15 April 2018. Halal Expo pertama di AS ini akan menampilkan berbagai aspek Halal. Salman Chaudry, co-director I Heart Halal, mengatakan tujuan festival adalah untuk memperluas percakapan seputar halal.

“Gaya hidup halal adalah gaya hidup yang didasarkan pada kebaikan atau bergizi, sehat, dan berdasarkan nilai-nilai Islam. Selain itu, kami ingin menunjukkan bahwa halal tidak selalu harus tentang makanan. Tapi banyak aspek lainnya yang berada di bawah payung halal ini,” ujar Chaudry, dilansir Columbiachronicle, Senin (9/4/2018).

Samana Siddiqui, manajer konten Sound Vision, sebuah lembaga nirlaba keislaman yang berbasis di Chicago sangat antusias dengan acara tersebut.

“Festival tersebut bisa membantu masyarakat terbiasa dengan praktik-praktik Islam dan pilihan gaya hidup,” katanya.

“I Heart Halal” akan mencakup Taste of Halal, yang akan menyoroti restoran lokal yang menyajikan makanan halal. Serta koki Muslim terkenal yang akan melakukan demonstrasi memasak.

Peserta festival juga dapat berpartisipasi dalam kompetisi makanan, di mana makanan mereka akan dinilai oleh panel koki. Termasuk oleh mantan kontestan Masterchef Amanda Saab. Ehba Zaidi, asisten perawat dari Lafayette, Indiana, sangat tertarik dengan pilihan kuliner di festival karena pilihan makanan halal umumnya terbatas.

“Festival ini tidak terbatas pada makanan, namun fashion juga akan menjadi fokus. Akan ada dua fashion show selama festival dengan contoh busana sederhana, atau pakaian syari tapi tetap modis,” kata Chaudry.

Ia mengatakan, busana sederhana tidak hanya untuk diakses Muslim. Berpakaian sederhana adalah sesuatu yang diinginkan sejumlah orang. Mereka ingin memiliki lebih banyak contoh item.

Itulah mengapa fashion show ini menurutnya akan membantu para desainer memamerkan penampilan mereka tidak hanya untuk penonton Muslim tetapi juga penonton non-Muslim.

“Karena kami ingin menunjukkan gaya hidup halal ini menarik bagi siapa pun,” terangnya.

I Heart Halal telah bermitra dengan berbagai influencer Muslim, termasuk vlogger kecantikan Nura Afia, duta merek CoverGirl yang mengenakan jilbab. Afia akan menyelenggarakan masterclass yang hanya menggunakan kosmetik halal yang dibuat tanpa pengujian hewan.

“Kecantikan adalah bagian penting dari gaya hidup halal. Oleh karenanya Anda harus melihat bagaimana produk kosmetik tersebut dibuat. Misalnya, kosmetik vegan otomatis jatuh di bawah payung halal karena mereka bebas dari kekejaman, etis, dan tidak ada produk hewani di dalamnya,” katanya.

Siddiqui berharap acara ini akan mendidik masyarakat tentang konsep halal. Acara yang akan dihelat selama 3 hari ini dipercaya akan sangat meriah. Dengan tiga acara utama Taste of Halal food hall yang akan menampilkan restoran halal tradisional serta restoran-restoran halal untuk akhir pekan.

Grand bazaar, menampilkan produk Halal di setiap kategori: makanan, fashion, kecantikan, kesehatan/kebugaran, olahraga, perbankan/keuangan, perjalanan, dan banyak lagi. Pembukaan Pesta Malam Eksklusif akan menghadirkan pers dan tamu VIP dari konsumen kelas atas hingga pembeli regional dan nasional.

Di samping itu, akan ada pembicara dan selebriti terkenal di dunia, konser, acara komedi, fashion show elit yang menampilkan desainer top dunia dengan busana sederhana, kelas kecantikan, seminar informasi, dan demonstrasi memasak. (Vina)

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here