Buka Puasa Pake Doa, Mau?

295
Soto Kauman - 0
Soto Kauman Express di Depok menyediakan menu berbuka puasa yang dibayar dengan doa.

Depok, Muslim Obsession – Ramadhan bulan penuh berkah dengan ganjaran yang berlipat dari Allah ‘Azza wa Jalla. Tak heran, banyak orang berlomba untuk meraih kesempatan di bulan suci ini dengan puasa, shalat sunnah, sedekah, tilawah Al-Quran, dan amalan shalih lainnya.

Seolah tradisi, Ramadhan juga menjadi momentum bagi Soto Kauman Express untuk meraih keberkahan. Rumah makan yang terletak di Jalan Raya Muchtar Sawangan Depok (seberang RSUD Depok) ini menyediakan makan berbuka puasa gratis sepanjang Ramadhan.

“Assalamu’alaikum. Selamat datang. Kami akan menyediakan makan untuk buka puasa nanti. Silakan duduk,” sapa seorang pelayan berhijab, saat Muslim Obsession mampir di tempat yang cukup nyaman ini, Senin (13/5/2019).

Sejenak duduk lesehan di sebuah sudut, pelayan tadi menyuguhkan empat macam menu berbuka. Ada kurma, siomay, dan segelas minuman. Soto Kudus yang merupakan sajian utama pun muncul tak berapa lama kemudian.

“Mohon dituliskan doa di kupon ini, ya Mas. Itung-itung kuitansi bayarnya,” ujar pelayan tadi sambil tersenyum dan menyerahkan secarik kertas kupon bertulisan “KARTU DOA” dan “Buka Puasa Bayar Pake Do’a”.

Hingga waktu berbuka puasa tiba, sekitar pukul 17.46 WIB, rumah makan tersebut terus didatangi pengunjung. Tiga pelayan tampak sibuk wara-wiri menyiapkan menu.

Ada sekitar 30 orang pengunjung petang itu. Di meja barisan depan tampak sekitar 10 pelajar SMA mengenakan jas almamater. Pengunjung lainnya menyebar di sejumlah tempat, baik duduk di kursi atau lesehan.

Program “Buka Puasa Bayar Pake Do’a”, sejatinya, memang sudah menjadi tradisi tahunan rumah makan ini. Tahun ini menjadi yang ke-6 sejak program tersebut digulirkan pertama kali pada 2014.

Setidaknya, pemilik rumah makan menyediakan puluhan set makanan berbuka puasa setiap harinya. Pengunjung benar-benar tak perlu membayar sepeser pun.

Dilihat dari sisi finansial, cara Rumah Makan Soto Kauman Express ini mungkin dianggap rugi. Tapi rupanya tak demikian semangat yang dimiliki pihak rumah makan.

Sebaliknya, sangat boleh jadi, dua keutamaan di bulan Ramadhan yakni pahala memberi makan dan doa orang yang berpuasa menjadi target dari program tersebut. Dua keutamaan yang disandarkan pada dua hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berikut:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad, dari Zaid bin Kholid Al Juhani).

Dan sebuah hadits berbunyi, “Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak,” (HR. Ibnu Majah).

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba nikmatnya berbuka puasa di Soto Kauman Express, silakan meluncur ke kawasan Sawangan, Depok. Program ini hanya berlaku mulai pukul 18.00 sampai 18.30 saja.

Eits, jangan lupa, siapkan juga doa terbaik dari Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here