Buah Ikhlas Bagi Pencari Ilmu

730

Muslim Obsession – Seorang pencari ilmu tidak hanya dituntut untuk selalu rajin datang ke sekolah atau kampus secara tepat waktu atau belajar dengan serius setiap harinya. Selain itu, ada satu lagi yang kadang sering dilupakan para pencari ilmu, yaitu berisikap ikhlas.

Ibrahim bin Adham pernah berkata bahwa, barangsiapa yang menuntut ilmu dengan ikhlas, maka ia akan memberikan manfaat kepada hamba-hamba Allah melalui ilmunya tersebut. Ilmunya pun dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri. 

Dengan begitu, kunci utamanya adalah ikhlas dalam menuntut ilmu. Ketika sudah ikhlas, maka pemahaman atas ilmu akan lebih mudah diterima. Serta semangat dalam hal mengamalkan ilmu tersebut akan dimudahkan oleh Allah.

Inilah manfaat yang akan dipetik oleh para pencari ilmu lantaran keikhlasan dalam menuntut ilmu. 

Niat ikhlas dari seseorang pencari ilmu akan membuahkan ilmu yang bermanfaat baginya dan juga bagi orang lain jika ilmu tersebut terus diamalkan.

Ada ganjaran lain yang Allah janjikan bagi para pencari ilmu yang menebarkan satu ilmu yang bermanfaat untuk orang lain.

Ketika satu kebaikan kita berikan kepada orang lain, maka kebaikan-kebaikan yang lain sudah dipersiapkan Allah untuk kita, para pencari ilmu yang ikhlas. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here