BNPB: Perlu Sinergi Berbagai Pihak untuk Tangani Banjir

660
Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB Bambang Surya Putra. (Foto: BNPB)

Jakarta, Muslim Obsession – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berharap adanya sinergi dari berbagai pihak untuk menangani banjir. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi miss-information di lapangan.

“Respon dan laporan dari para relawan atau NGO di lapangan diperlukan agar data yang diolah dapat bersinergi dan tidak ada miss-information di lapangan,” ujar Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB Bambang Surya Putra melalui akun Twitter @BNPB_Indonesia, Kamis (2/1/2020).

Bambang juga mengimbau bagi masyarakat yang sudah terjangkau oleh tim evakuasi dapat segera beralih ke posko pengungsian agar kebutuhan dapat dipenuhi serta memudahkan para petugas untuk melakukan pendataan.

Pagi ini sebanyak 935 orang telah dievakuasi. Badan SAR juga terus memberikan bantuan personil untuk pengamanan dan proses evakuasi dari beberapa kantor SAR di daerah luar jabodetabek.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Subejo melaporkan bahwa upaya pemenuhan kebutuhan di 300 titik pengungsian yang ada di Jakarta masih terus dilakukan. BPBD DKI Jakarta juga melakukan koordinasi dengan beragam stakeholder terkait pemulihan pasca banjir Jakarta dan sekitarnya.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan menyatakan pemenuhan pelayanan kesehatan telah dilakukan di beberapa rumah sakit dan puskesmas yang ada disekitar wilayah terdampak. Petugas tenaga kesehatan juga melakukan mobile langsung ke lapangan dan merapat ke tempat pengungsian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here