Begini Buntut Kasus Jamal Khashoggi, Jurnalis yang Menghilang di Turki

324

Riyadh, Muslim Obsession – Hilangnya jurnalis asal Saudi, Jamal Khashoggi di konsulat Saudi, Istanbul Turki, 2 Oktober lalu akhirnya berbuntut panjang.

Konsul Jenderal Arab Saudi di Istanbul Turki Muhammad Al-Otaibi harus kehilangan jabatannya.

Rencananya, Al-Otaibi juga akan diselidiki dan dimintai keterangan perihal hilangnya jurnalis berusia 59 tahun itu.

Pemecatan Al-Otaibi tersebut diberitakan oleh berbagai surat kabar daring Saudi, salah satunya media Sabq, sebagaimana dilaporkan media Turki, Hurriyet Daily.

Dilaporkan bahwa Al-Otaibi dicopot saat dia tengah berada di Saudi. Namun, Sabq sendiri tidak melaporkan pelanggaran apa yang telah dilakukan Al-Otaibi sehingga ia harus diperiksa.

Memang, pada Rabu (17/10/2018), pihak kepolisian Turki menggeledah rumah Al-Otaibi. Namun sayang, sang pejabat tidak ada di kediamannya karena ia diduga telah meninggalkan Turki dan terbang ke Saudi.

Meski demikian, pihak kepolisian Turki terus melakukan penggeledahan, termasuk ke gedung Konsulat yang sudah berlangsung dua kali.

Dikutip AFP,  Konsul Al-Otaibi terbang ke Riyadh menggunakan penerbangan Saudi pada Selasa, (16/10/2018).

Al-Otaibi diduga ikut terlibat dalam kasus hilangnya Jamal Khashoggi. Setelah memasuki gedung Konsulat, Jamal Khashoggi dipukuli dan jenazahnya dibawa ke ruangan Al-Otaiby untuk dimutilasi.

Dilaporkan media lokal Turki, Yeni Safak, terdengar suara Al-Otaibi di dalam rekaman audio yang diduga pihak Turki sebagai ‘kunci’ kasus Jamal Khashoggi. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here