Aplikasi TikTok Hapus Puluhan Video Propaganda Daesh

292
TikTok (Foto: Reuters)

Jakarta, Muslim Obsession – Aplikasi media resmi TikTok telah menghapus akun yang memposting video propaganda untuk organisasi teror Daesh. Demikian dikatakan seorang karyawan perusahaan bersangkutan.

TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan Cina ByteDance, mengklaim sekitar 500 juta pengguna secara global tahun lalu, menjadikannya salah satu aplikasi sosial paling populer. Seorang karyawan di TikTok mengatakan kepada AFP, Selasa (22/10/2019) bahwa sekitar 10 akun telah dihapus karena memposting video tentang kekerasan Daesh.

“Hanya satu dari video itu yang bahkan memiliki penayangan yang mencapai dua digit sebelum diturunkan,” kata staf itu, yang menolak disebutkan namanya.

Video-video tersebut menampilkan mayat-mayat yang diarak di jalan-jalan dan para pejuang Daesh dengan senjata, menurut Wall Street Journal, yang pertama kali melaporkan cerita itu pada Senin lalu.

Jurnal itu mengatakan posting tersebut berasal dari sekitar dua puluhan akun, yang diidentifikasi oleh perusahaan intelijen media sosial Storyful.

“Konten yang mempromosikan organisasi teroris sama sekali tidak memiliki tempat di TikTok,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang diemailkan ke AFP.

“Kami secara permanen mencekal akun semacam itu dan perangkat terkait segera setelah diidentifikasi, dan kami terus mengembangkan kontrol yang lebih kuat untuk secara proaktif mendeteksi aktivitas mencurigakan,” tegasnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here