Anis Matta: Sukmawati Kasus Ahok Jilid II

492
Anis Matta (Photo: Istimewa)

Jakarta, Muslim Obsession – Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta menilai puisi kontroversial Sukmawati Soekarnoputri bisa berdampak besar. Sebab, isi puisi tersebut dinilai menyakiti umat Islam dan mempedalam pembelahan di tengah anak bangsa.

“Kasus ini dampaknya bisa lebih besar dari kasus penodaan agama yang dilakukan oleh Ahok (Basuki Tjahaja Purnama). Sebab luka di kalangan umat, akibat kasus Al-Maidah hingga kini belum sembuh. Jadi, semacam luka di atas luka,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Ia pun menyebut fenomena puisi Sukmawati menunjukkan adanya kekhawatiran atas gelombang kebangkitan umat Islam Indonesia secara sosial dan politik. Ia pun sangat menyayangkan bahwa hal tersebut sampai dilakukan seorang putri Bapak Proklamator, Soekarno.

Anis Matta juga menilai, pembacaan puisi tidak bisa disebut keseleo lidah, karena Anis sebagai penulis paham betul bahwa sebuah puisi itu mencerminkan perasaan yang sangat dalam dari penulisnya. Sedangkan membacakan puisi adalah sebuah ekspresi untuk menyampaikan pesan kepada publik.

“Banyak yang berpikir seperti Sukma, dan Ahok. Namun, ada yang terucapkan, ada yang tidak,” kata Anis.

Anis pun menyayangkan mengapa tokoh sekelas Sukma tidak peka dengan soal yang sangat sensitif, dan bahkan terkesan menantang umat Islam. Bahkan, Anis mensinyalir efek dari puisi tersebut bisa memicu kembalinya aksi serupa 411 dan 212. Di mana, massa menuntut Ahok diadili atas kasus penodaan agama.

Puisi Sukmawati bertajuk “Ibu Indonesia” dirundung kontroversi yang ia bacakan pada acara 29 tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta beberapa hari lalu. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here