Anies dan Keadilan Sosial

522

Perjuangan Anies tentang Keadilan Sosial

Apa kepentingan seorang Anies Baswedan tentang keadilan sosial? Jika kita memiliki sedikit waktu untuk mencari tahu, cobalah untuk mengetik keywords di google: “Anies Baswedan” dan “Keadilan Sosial”.

Ternyata, ada banyak sekali informasi mengenai visi dan misi Anies Baswedan dalam memperjuangkan keadilan sosial. Jika kita masih ingat, sedikit mengingat ke belakang, pada saat Pilkada DKI, Anies-Sandi menawarkan visi dan misi sebagai berikut,“Jakarta kota maju dan beradab dengan seluruh warga merasakan keadilan dan kesejahteraan.” Visi ini lebih diperjelas lagi dengan misi: Membangun manusia Jakarta menjadi warga yang berdaya dengan menghadirkan kepemimpinan humanis dan mengayomi, penggerak birokrasi yang efektif, menjaga stabilitas dan keterjangkauan harga bahan pokok, membangun sektor kesehatan, pendidikan, kebudayaan serta menyelesaikan masalah-masalah sosial.

Jika kita jeli membacanya, maka kata “keadilan” dan “kesejahteraan” menjadi dua hal yang sangat digarisbawahi oleh Anies Baswedan. Setelah pelantikan sebagai gubernur, ia mengatakan “Jika republik ini telah menetapkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, maka di Ibu Kota kita harus hadirkan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta “. Bahkan dirinya menegaskan “Hari ini penanda awal perjuangan dalam menghadirkan keadilan,” katanya dalam pidato politik pertamanya di Balai Kota, Senin malam, 16 Oktober 2017.

Al hasil, statemen tersebut bukan isapan jempol belaka. Anies Baswedan berkomitmen dan konsisten dalam memperjuangkan keadilan sosial bagi warga Jakarta. Baru-baru ini, meski dilaporkan terkait dengan kebijakan Tanah Abang, ia tetap berkata, “Ketika kita berjuang untuk menegakkan keadilan, tentu akan banyak masalah.”

Oleh karena itu, perjuangan Anies dalam mewujudkan keadilan sosial tidak bisa dilakukan sendiri. Para aktivis 80-an dan 90-an terdorong untuk berdiri di barisan terdepan bersama Anies Baswedan demi mewujudkan cita-cita keadilan sosial bagi bangsa Indonesia. Karena keadilan sosial adalah prinsip yang tidak akan terwujud hanya melalui wacana, namun aksi dan gerakan nyata dari para aktivis untuk merealisasikannya. That’s what activists for!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here