Anda Sedang Sakit? Baca Doa Sederhana yang Diajarkan Rasulullah Ini

198
Saat menjenguk, doakanlah saudara kita yang sedang sakit tersebut.

Muslim Obsession – Ada banyak doa yang diajarkan Rasulullah ﷺ untuk diamalkan umatnya. Termasuk juga sejumlah doa bagi orang yang sedang diuji dengan sakit, baik doa yang dibaca oleh si sakit atau bagi yang menjenguknya.

Bagi Anda yang sedang sakit, Rasulullah ﷺ mengajarkan doa berikut, sambil memegang bagian tertentu pada tubuhnya yang sakit.

BACA JUGA:

5 Adab Menjenguk Orang Sakit Seperti yang Diajarkan Rasulullah

4 Hikmah Sakit Menurut Aa Gym

Sungguh Durhaka Anak yang Doakan Orangtuanya 5 Kali Sehari

“Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil ‘Ash radhiyallahu ‘anhu bahwa ia mengadu kepada Rasulullah ﷺ perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah ﷺ lalu mengatakan kepadanya, ‘Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit, lalu bacalah:

 بِسْمِ اللَّهِ

Bismillah (“Dengan nama Allah”). Dibaca tiga kali, kemudian baca:

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A‘ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru (“Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan”) dibaca 7 kali. ((Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H).

BACA JUGA: Sembuhkan Sakit Hatimu, Maka Akan Sembuh Seluruh Tubuhmu

Dan, bagi Anda yang menjenguk saudara, kerabat, atau teman yang sedang sakit, bacalah doa sederhana yang diajarkan Rasulullah ﷺ berdasarkan hadits berikut ini:

Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ menganjurkan baca doa berikut ini sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit. Dengan doa ini, Allah diharapkan mengangkat penyakit yang diderita orang tersebut.

 أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka. (“Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan ‘arasy yang megah agar menyembuhkanmu”).

BACA JUGA: Doa dari Rasulullah Agar Diringankan Rasa Sakit Saat Sakaratul Maut

Demikian dua doa yang bisa diamalkan berdasarkan arahan Rasulullah ﷺ. Bagi Anda yang sakit, tetaplah bersabar dan menerima musibah sebagai takdir Allah Ta’ala yang harus dihadapi.

Insya Allah dengan kesabaran dan keikhlasan menerimanya, Anda mendapat maghfirah (ampunan), rahmah (kasih sayang), dan mahabbah (cinta) dari Allah Ta’ala.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here