Anak Harimau Terkena Jeratan Babi Hutan di Aceh Tenggara

105

Aceh Tenggara, Muslim Obsession – Satu ekor anak harimau Sumatera berusia 1,4 tahun terkena jeratan babi hutan di Kabupaten Aceh Tenggara. Beruntung harimau berhasil diselematkan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam), dan kini masih dalam perawatan medis.

Anak harimau jantan itu, Jumat (22/1) sore, ditemukan terkena jeratan babi di sekitar pinggiran hutan TNGL (Taman Nasional Gunung Leuser) kawasan Kampung Gulo, Kecamatan Darul Hasanah, Aceh Tenggara.

Saat ditemukan, kaki kanan depan anak harimau liar tersebut dalam kondisi luka bekas kawat jeraratan. Kulit luarnya koyak hingga tampak bagian tulang. Untuk menyelamatkan nyawa hewan langka yang dilindungi itu, tim BKSDA harus mengambil tindakan medis secara cepat dan tepat.

Camat Darul Hasanah Hayadun mengatakan, sebelum terkena jeratan, anak harimau itu sering berkeliaran di hutan sekitar pekebunan kakao warga.Selain itu, ada dua lagi harimau dewasa yang juga sering terlihat petani saat beraktivitas di kebun mereka.

Dikatakan Hayadun, satu di antara dua harimau dewasa yang masih hidup bebas sekitar perkampungan Gulo tersebut adalah induk harimau yang terkena jeratan babi dan kini sedang dalam perawatan BKSDA.

“Untuk sementara waktu, petani diimbau jangan dulu beraktivitas di kebun. Jangan sampai terjadi konflik dengan dua harimau besar yang sering keluar masuk hutan mencari anaknya yang hilang. Setelah anak harimau itu sembuh dan sudah berhasil dilepas ke habitatnya, baru warga boleh pergi ke kebun,” tutur Hasanuddin, tokoh masyarakat petani kakao di Aceh Tenggara, Ahad (24/1). (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here