Ampuh! Makanan Ini Bisa Lawan Stres

129
Makanan Anti Stress

Muslim Obsession – Sayuran berdaun hijau merupakan tambahan yang baik untuk diet Anda dalam mengatasi stres.

Stres memang bagian dari hidup kita. Sementara beberapa orang dapat mengelola tingkat stres mereka sepanjang hari, beberapa yang lain perlu sedikit bantuan. Terlepas dari efek negatifnya pada psikologi, stres bahkan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Ketika berbicara tentang memerangi tingkat stres, apa yang Anda makan sebenarnya dapat membantu meredakan ketegangan. Beberapa makanan dapat membantu menstabilkan gula darah atau, lebih baik, respons emosional Anda.

“Di saat-saat stres yang berlebihan, Anda bisa mengatasinya dengan sedikit olahraga dan diet yang menampilkan nutrisi yang kita sebut makanan anti-stres,” kata Merve İşeri Uzunoğlu, seorang akademisi di Altınbaş University, dikutip dari Daily Sabah, Senin (24/6/2019).

Uzunoğlu mengatakan bahwa dengan diet yang tepat, mungkin bisa mengurangi efek stres pada tubuh dan pikiran Anda. Dia mengatakan bahwa sayuran, terutama yang memiliki daun hijau yang kaya akan folat, yang membantu tubuh Anda melepaskan serotonin dan dopamin, membantu tubuh Anda untuk rileks dan jiwa menjadi tenang.

“Makanan fermentasi seperti kefir dan yogurt, yang mengatur flora usus, juga mengurangi pelepasan hormon stres,” tambah Uzunoğlu.

Selain itu, buah-buahan yang kaya kalium yang mengatur tekanan darah, seperti pisang dan alpukat, membantu tubuh Anda melepaskan dopamin. Buah berwarna gelap, seperti blueberry dan blackberry, adalah antioksidan kuat yang memiliki efek positif pada fungsi otak.

Karena vitamin C juga memerangi stres, konsumsilah sayuran dan buah-buahan setiap hari. Bawang putih adalah salah satu antioksidan terkuat yang memperkuat sistem kekebalan tubuh berkat allicin. Jadi, tambahkan sedikit bawang putih ke makanan Anda untuk melawan stres.

“Jika Anda menginginkan cokelat ketika Anda sedang stres, makan cokelat pahit,” kata Uzunoğlu.

Cokelat pahit mengurangi tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh Anda melepaskan serotonin, yang meningkatkan kebahagiaan. Asam amino sangat penting saat melawan stres; jadi, konsumsilah ikan seminggu sekali dan telur saat sarapan.

Alih-alih mengonsumsi kafein di malam hari, cobalah minum chamomile atau teh hijau untuk mengatur jam tidur. Tidur yang sehat berarti hidup yang bebas stres. Selama masa-masa stres dalam hidup Anda, hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula, yang membuat kadar gula darah tidak seimbang. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here