Amalan Agar Punya Ingatan Kuat dan Mudah Menghafal

207
Hafal Al-Quran
Membaca dan menghafal Al-Quran. (Foto: Edwin B/Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Memiliki otak encer dan cerdas adalah dambaan setiap orang. Pun begitu, setiap orang tua juga ingin memiliki anak yang pintar bahkan bisa menjadi seorang hafizh atau penghafal Al-Quran.

Hanya saja, seringkali ilmu susah menempel di otak kita. Seorang anak susah menghafal dan sebentar-sebentar lupa.

BACA JUGA:

Ingin Tiket Masuk Surga? Yuk, Lakukan Amalan Sederhana Ini

Lakukan Amalan Ini Agar Bebas dari Utang

Bukan Shalat dan Puasa, Lalu Amalan Apa yang Membuat Allah Senang?

Mengutip Ulama Nusantara, Sabtu (4/9/2021), selain dibarengi giat belajar ada sebuah ijazah yang diajarkan Sayyidina Qutbil Wujud Al-Habib Ali Al-Habsyi Shohibul Maulid (Simthudduror) agar kita atau anak kita memiliki otak cerdas dan pintar yang bisa mudah menghafal dan kuat mengingat hafalan.

Amalan tersebut adalah, meletakkan tangan kanan di atas kepala setiap kali selesai shalat fardhu sambil membaca sebagian QS. Al-A’la (Sabbihisma) dari awal dan ketika sampai pada ayat ke-6 yakni sanuqriuka fala tansaa (سَنُقْرِئُكَ فَلَا تَنسَىٰ) bacalah ayat tersebut sebanyak 7 kali kemudian lanjutkan ayat berikutnya sampai selesai surah.

Kemudian bacalah 1 kali ayat dibawah ini:

فَفَهَّمْنَاهَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَع َ دَاوُودَ الْجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ

Fafahhamnaahaa Sulaimaana wa kulan ataynaa hukman wa ‘ilman wa sakhkhornaa ma’a daawuudal jibaala yusabbihna wat thoir.

Jika diterapkan untuk anak yang belum bisa baca, maka orang tuanya yang baca sambil meletakkan tangan kanannya di kepala si anak. Insya Allah dengan melakukan amalan tersebut kita atau anak kita akan memiliki otak yang pintar dan cerdas, mudah menyerap ilmu, serta gampang menghafal.

Wallahu a’lam bish shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here