Alhamdulillah Masjid Pertama di Athena Resmi Berdiri

78

Jakarta, Muslim Obsession – Umat Islam di Athena mengucapkan syukur alhamdulillah karena Pemerintah Yunani mengizinkan pembangunan masjid di Athena. Setelah sempat tertunda selama lebih dari satu dekade, masjid di Athena resmi dibuka, Selasa (3/11).

Proyek untuk membuka masjid yang dibiayai pemerintah Yunani di Athena itu, menjadi yang pertama ada masjid di Athena sejak mulai dibangun pada 2007.”Athena akhirnya akan memiliki tempat beribadah bagi warga muslimnya,” ujar Presiden Persatuan Umat Muslim Yunani Naim el Gadour.

Imam masjid tersebut, Zaki Sidi Mohamed, mengatakan tidak akan ada upacara peresmian masjid itu karena pembatasan terkait pandemi covid-19

Kementerian Pendidikan dan Urusan Agama Yunani mengumumkan pembukaan masjid itu pada Senin (2/11) dalam sebuah keterangan resmi, menggarisbawahi bahwa dalam kondisi pandemi, hanya sekitar 10 orang yang diizinkan beribadah di dalam masjid setiap waktunya.

Sekitar 650 ribu umat muslim tinggal di Yunani, mayoritas di Athena. Mereka umumnya adalah imigran yang tiba di negara itu selama 20 tahun terakhir.

Terletak di Elaionas, mantan distrik industri, masjid itu merupakan yang pertama beroperasi di Athena sejak negara itu menyatakan kemerdekaan dari Kekaisaran Ottoman pada 1821.

Satu-satunya masjid dari era Ottoman yang beroperasi di Yunani terletak di perbatasan dengan Turki tempat sekitar 150 ribu warga keturunan Turki tinggal.

Dibangun menggunakan dana milik negara, masjid di Athena itu diselesaikan pada 2019 dan bisa menampung hingga 350 orang. Selama ini, warga muslim Yunani beribadah di masjid sementara di apartemen, ruang bawah tanah, atau tenda. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here