Akhirnya, Wanita Iran Diizinkan Nonton Sepak Bola di Stadion

547
Wanita Iran menonton sepakbola (Foto: Pandit Football)

Teheran, Muslim Obsession – Pada Ahad (25/8) kemarin, Wakil Kementerian Olahraga untuk Urusan Hukum dan Provinsi Jamshid Taghizadeh mengumumkan, perempuan diizinkan memasuki stadion untuk melihat pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Iran dengan Kamboja pada Oktober mendatang.

“Perempuan dapat pergi ke stadion Azadi pada 10 Oktober 2019 untuk menyaksikan pertandingan antara tim nasional Iran dan Kamboja untuk kualifikasi Piala Dunia Qatar,” kata Jamshid, diberitakan kantor berita Iran, IRNA, dikutip dari AFP, Selasa (27/8/2019).

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) meningkatkan tekanan kepada Iran untuk memastikan perempuan diizinkan menonton pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Tidak hanya itu, lanjut Jamshid, perempuan Iran juga boleh menonton Tim Melli –seperti tim nasional- di pertandingan kandang selanjutnya di Stadion Azadi Teheran.

“Tidak ada larangan hukum (untuk kehadiran perempuan di stadion) dan kami harus mengaktifkan infrastruktur, yang sedang berlangsung,” katanya.

“Pandangan kami tentang perempuan, di semua tingkatan, adalah untuk mempersiapkan kondisi yang diperlukan untuk kesuksesan perempuan,” lanjutnya.

Otoritas Iran melarang perempuan menonton sepak bola di stadion sejak Revolusi Islam pada 1979 silam. Larangan tersebut merujuk pada pendapat ulama Iran yang menilai bahwa perempuan harus dilindungi atmosfer maskulin dan pandangan laki-laki.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, pada 1987 ulama Iran mengeluarkan fatwa tentang perempuan boleh menyaksikan sepak bola, meski hanya lewat layar televisi.

Pada masa lalu, otoritas Iran mengizinkan perempuan asing untuk datang ke stadion dan menyaksikan pertandingan sepak bola di negeri itu.

Diketahui, Iran beberapa kali menahan perempuan yang menonton sepak bola di stadion. Baru-baru ini, otoritas Iran menahan empat perempuan di Stadion Azali sebelum akhirnya dilepaskan.

Tahun lalu, seperti diberitakan BBC, Jumat (2/3/2018), Iran juga menahan 35 perempuan karena berusaha menghadiri pertandingan sepak bola antara klub Teheran Esteqlal dan Persepolis. Namun kemudian dilaporkan mereka dibebaskan setelah pertandingan selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here