Aisha Lulu, Gadis Kecil Palestina Hadapi Kanker Otak Seorang Diri

341

Pembatasan yang tidak manusiawi

Aisha adalah contoh tragis dari perlakuan tidak manusiawi Israel yang umum terjadi.

Militer Israel mengoperasikan rezim perizinan untuk mengontrol gerakan warga Palestina di bawah pendudukan yang secara teratur melanggar kemanusiaan internasional.

Pada 2017 adalah tahun dengan tingkat jumlah izin terendah yang diberikan kepada warga Palestina di Gaza sejak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mulai mengumpulkan data tersebut pada tahun 2008.

Tahun 2008 itu organisasi PBB terebut melaporkan bahwa 54 pasien dari Gaza – yang sebagian besar menderita kanker – meninggal ketika sedang menunggu izin keluar Gaza untuk berobat.

Menurut Hussein Hamad, seorang peneliti dari organisasi hak asasi manusia Al Mezan, Israel dapat mempertimbangkan izin untuk pria di atas 45 tahun dan wanita di atas 40 tahun.

Tapi umur bukan penjamin. Menurut Hamad, otoritas militer Israel di pos pemeriksaan Erez – yang memisahkan Gaza dan Israel – telah menolak izin dengan alasan palsu, seperti dugaan “kerabat berafiliasi dengan partai politik, khususnya Hamas” selama dua tahun terakhir.

Al Mezan mencatat, sembilan orang tewas pada 2018 setelah ditolak izin meninggalkan Gaza dan mencari perawatan medis di tempat lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here