Agar Tidak Jadi Sarang Bakteri, Jangan Malas Cuci Handuk Ya!

418

Cara menjaga handuk Anda tetap bersih

Meski hanya Anda yang menggunakan handuk tersebut, Prof. Gerba dan Prof. Tierno merekomendasikan Anda untuk mencuci handuk setiap 2-3 hari. Lebih dari itu, mikroorganisme tersebut akan membuat handuk kotor.

Memang Anda tak akan langsung sakit jika menggunakan handuk yang belum dicuci selama 2 minggu, tapi ibaratkan saja, apakah Anda mau menggunakan pakaian dalam kotor setelah mandi (kecuali dalam keadaan darurat)?

Selain itu, dr. Nadia juga secara tegas melarang Anda untuk saling meminjam atau bertukar handuk dengan orang lain, meski dengan pasangan atau anggota keluarga sendiri. Ingat, handuk adalah barang pribadi.

“Sama seperti sikat gigi atau pakaian dalam, handuk sebaiknya tidak digunakan bergantian dengan orang lain. Pasalnya, bertukar handuk dengan orang lain sama saja dengan bertukar kuman, jamur, ataupun penyakit menular lainnya.”

Selain handuk mandi, perhatikan juga handuk tangan yang digunakan setelah mencuci tangan.

“Karena pemakaiannya lebih sering, sebaiknya handuk tangan dicuci lebih sering, yakni tiap 2-3 kali sehari. Namun, jika handuk digunakan bersama-sama, sebaiknya cuci setiap hari,” papar dr. Nadia.

Meski terlihat bersih atau cuma Anda yang memakainya, tetapi handuk bisa menjadi sarang mikroorganisme. Karenanya, jangan malas cuci handuk, baik handuk mandi, handuk tangan, atau handuk kepala, karena bisa mengakibatkan infeksi, timbulnya jerawat atau jerawat makin “subur”, atau keluhan lainnya.

Selain itu, hindari juga saling meminjamkan handuk untuk mencegah penularan penyakit tertentu. Setelah membaca artikel ini, jangan lagi malas untuk mencuci handuk, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here