8 Nasehat KH. Maimun Zubair yang Menggetarkan Hati

9026

Jakarta, Muslim Obsession – KH. Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Moen, tutup usia pada Selasa (6/8/2019) di Makkah.

Kyai kharismatik kelahiran 28 Oktober 1928 tersebut wafat pada usia 90 tahun. Meski sang kiai sudah tidak ada, namun nasehat-nasehat Mbah Moen tak lekang oleh waktu dan selalu bisa membuat hati kita bergetar membacanya.

Berikut delapan nasehat-nasehat dari KH. Maimun Zubair:

  1. ”Ora kabeh wong pinter kuwi bener” (Tidak semua orang pintar itu benar).
  1. “Ora kabeh wong bener kuwi pinter…” (Tidak semua orang benar itu pintar).
  1. “Akeh wong pinter ning ora bener…” (Banyak orang yang pintar tapi tidak benar).
  1. “Lan akeh wong bener senajan ora pinter…” (Dan banyak orang benar meskipun tidak pintar).
  1. “Nanging tinimbang dadi wong pinter ning ora bener, Luwih becik dadi wong bener senajan ora pinter…” (Daripada jadi orang pintar tapi tidak benar, lebih baik jadi orang benar meskipun tidak pintar).
  1. “Ono sing luwih prayoga yoiku dadi wong pinter sing tansah tumindak bener.” (Ada yang lebih bijak, yaitu jadi orang pintar yang senantiasa berbuat benar).
  1. “Minterno wong bener..kuwi luwih gampang tinimbang mbenerake wong pinter…” (Memintarkan orang yang benar .. itu lebih mudah daripada membenarkan orang yang pintar).
  1. “Mbenerake wong pinter kuwi mbutuhke beninge ati, lan jembare dhodho.”(Membenarkan (membuat benar) orang yang pintar itu membutuhkan beningnya hati, dan lapangnya dada).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here