7 Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan Tubuh

200
Buah Kiwi. Foto istimewa.
Buah Kiwi. Foto istimewa.

Jakarta, Muslim Obsession – Manfaat dari buah kiwi memang banyak. Namun tidak sedikit orang tahu akan berbagai manfaat dari buah asal daratan Cina utara tersebut.

Buah kiwi bermanfaat mulai dari bisa meredakan asma, menjaga kesehatan pencernaan, hingga menjaga kesehatan mata.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat buah kiwi, mari kita telusuri kenapa buah ini dinamakan buah kiwi.

Menurut sejarah, buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, kemudian atas alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian berubah lagi menjadi kiwi.

Untuk nama kiwi diambil dari nama salah satu jenis burung yang tak bisa terbang yang berada di Selandia Baru. Pada abad ke 20 buah kiwi mulai dibudidayakan di Selandia Baru.

Buah kiwi yang matang bisa dimakan langsung atau dijadikan jus, salad buah, campuran yoghurt, pemanis es krim, smoothies, keik, kue, hingga pudding, sesuai selera Anda.

Ternyata manfaat buah ini, tidak hanya berfungsi sebagai pemanis sajian saja, tapi juga baik untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah sakit.

Bentuk buah kiwi, menyerupai telur ayam tersebut, memiliki kulit kusam berwarna cokelat keabu-abuan, dan bulu-bulu halus mengerubungi permukaan luarnya.

Dikutip dari Aloldokter, buah kiwi memiliki sedikitnya 7 manfaat bagi tubuh. Selain itu buah ini banyak nutrisi yang kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak antioksidan dan merupakan sumber serat.

Berikut 7 manfaat dari buah kiwi bagi kesehatan, di antaranya:

  1. Meredakan asma

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma. Mengonsumsi buah kiwi secara teratur dapat memperbaikan kondisi paru-paru Anda menjadi lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here