5 Langkah Atasi Grogi Tampil di Depan Umum

181
Ustadz Kris.

Muslim Obsession – Pernahkah Anda tiba-tiba grogi saat tampil di depan umum? Baik saat membaca Al-Quran atau ceramah? Kondisi ini kerap menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti deg-degan bahkan sesak napas.

Bagaimana cara mengatasi grogi atau demam panggung? Ustadz Kristriyono berbagi 5 tips dalam video yang diunggah ke YouTube.

Pertama, luruskan niat. Menurut pakar irama Al-Quran yang akrab disapa Ustadz Kris ini, penting bagi seseorang yang hendak tampil di depan umum untuk meluruskan niat bahwa apa yang akan dilakukannya semata-mata untuk memperoleh ridha Allah subhanahu wa ta’ala.

“Jika niat sudah lurus, maka kita tidak sibuk lagi dengan penilaian orang lain,” tutur pakar pembina dan master trainer Pembelajaran Langgam Quran Mingguan (PLQM) ini.

Kadang-kadang grogi muncul karena seseorang ingin menampilkan yang terbaik dengan niat supaya dipuji orang. Akhirnya muncul ketakutan jika penampilannya buruk maka akan tidak mendapatkan pujian dari orang lain.

Kedua, awali dengan berdoa kepada Allah. Cara ini dinilai penting karena dengan berdoa seseorang sedang menyerahkan semuanya kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Menurut Ustadz Kris, satu doa yang dianjurkan para ulama sebelum tampil adalah yang terdapat dalam QS. Tha Ha ayat 25-28, yakni:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”.

Ketiga, banyak berlatih. Ustadz Kris mencontohkan, Al-Quran dibaca dengan dua cara yakni murattal dan mujawwad. Jika seseorang ingin membacanya dengan cara mujawwad, maka ia harus berlatih dengan cara tersebut.

“Kita harus bisa mengukur kemampuan diri sendiri. Kira-kira nada tingginya seberapa dan nada rendahnya seberapa,” jelasnya.

Keempat, perbanyak ‘jam terbang’. Maksudnya adalah harus sering tampil di depan umum. Misalkan sering tampil di depan keluarga, karena sebenarnya tampil di depan orang yang telah dikenal lebih berat dibanding tampil di depan orang asing atau belum dikenal.

Kelima, biarkan mengalir. Ustadz Kris mengartikan tips ini dengan ‘cuek’. Artinya saat tampil di depan umum tidak boleh banyak pikiran, setop, dan lenyapkan hal-hal negatif dalam pikiran.

“Pokoknya jangan dipikirkan nantinya bagaimana, bagaimana. Yang penting tampil ingin melakukan yang terbaik,” pungkasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here