Tiktok Makin Viral, Begini Hukumnya Menurut UAH

2845
TikTok (Foto: Reuters)

Muslim Obsession – Aplikasi hiburan Tiktok saat ini makin disukai warga di tanah air. Mulai dari kalangan masyarakat biasa hingga sejumlah besar public figure dunia maupun di Indonesia.

Dalam video diskusi bersama Google yang diunggah di Instagram, Ahad (19/4/2020) Ustadz Adi Hidayat (UAH) melontarkan pendapat tentang hukum bermain Tiktok bagi umat Muslim.

Menurutnya, segala hal yang tidak melahirkan manfaat, minim hal-hal positif, itu dinilai makruh oleh syariat.

“Tidak disukai. Apalagi jika hal yang dikerjakan itu lebih cenderung kepada nilai maksiat. Pada hal yang diharamkan oleh nilai agama,” jelas UAH.

Ulama kondang tersebut mencontohkan, misalnya tampilan-tampilan yang erotis, gerakan-gerakan yang mengundang syahwat, atau ada hal-hal yang bertentangan langsung dengan nilai agama.

“Maka dia masuk dalam kaidah segala yang menyebabkan atau menunjukkan kepada yang haram maka perangkat itu bisa menjadi haram untuk dimainkan,” jelasnya lagi.

Lebih lanjut, UAH mengungkapkan, ada kaidah mengatakan, mesti hati-hati di ruang, hal-hal yang bisa menghadirkan fitnah atau menghadirkan juga hal-hal yang buruk dalam persepsi agama.

“Jadi kalau saran saya lebih baik dijauhi. Kalau tidak disukai oleh agama, jatuhnya bisa haram,” pungkasnya.

Sementara itu, Ustadz Abdul Somad (UAS) juga sempat menyinggung soal Tiktok dalam ceramahnya. Dengan tegas ia meminta agar berhenti bermain dengan Tiktok.

“Berhentilah bermain Mobile Legends, berhentilah main Tik Tok, berhentilah main game online,” tegasnya dalam sebuah ceramah yang diunggah 24 Juni 2018 lalu.

Menurut UAS hal itu hanya menghabiskan waktu saja dan tak ada manfaatnya.

“24 jam, 12 jam siang, 12 jam malam. Dibagi 3, 8 jam kerja, 8 jam tidur, 8 jam entah bikin apa,” katanya.

Apalagi, waktu yang terbuang sia-sia itu akan dipertanggungjawabkan di hari kemudian.

“Salah satu pertanyaan malaikat adalah umur kau kemanakan,” pungkas UAS.

View this post on Instagram

diskusi ringan UAH dengan Google tentang Tik Tok

A post shared by Adi Hidayat (Official) (@adihidayatofficial) on

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here