11 Negara Ini Melarang Penduduknya Pakai Cadar

561
Wanita Denmark
Ratusan wanita protes larangan cadar di Denmark (Foto: New York Times)

Jakarta, Muslim Obsession – Memakai cadar bagi umat Islam tidak sepenuhnya bisa dilakukan di semua negara. Di beberapa negara dunia banyak kebijakan yang secara khusus melarang wanita menggunakan cadar, khususnya di tempat kerja.

Seperti dikutip dari telegraph.co.uk pada Jumat (19/10/2018) setidaknya ada 11 negara yang melarang penggunaan cadar bagi wanita Muslim. Keputusan itu tentu menjadi pukulan bagi perempuan muslim di seluruh dunia.

Prancis

Prancis telah menjadi negara pertama di Eropa yang melarang penggunaan burka di tempat umum. Burka adalah penutup kepala dan wajah seperti cadar, yang hanya memperlihatkan bagian mata. Aturan ini diberlakukan oleh Prancis pada 2004 yang dimulai pada sekolah-sekolah negeri dengan alasan menghapus seluruh bentuk simbol-simbol agama.

Namun pada 2011, pemerintah Prancis memberlakukan secara penuh larangan penggunaan cadar. Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, ketika itu mengatakan cadar tidak diterima di Prancis. Perempuan yang nekad memakai cadar di Prancis, akan dikenai denda 150 euro dan 30 ribu euro atau Rp 522 juta bagi siapa pun yang memaksa perempuan untuk menutupi wajahnya dengan cadar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here