Zulhas Minta Kemenag Tanggung Jawab Atas Penipuan Calon Jemaah Haji

362
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. (Foto: mpr)

Jakarta, Muslim Obsession – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan meminta Kementerian Agama (Kemenag) segera mencabut rekomendasi 200 nama mubalig yang telah dirilis beberapa waktu lalu, karena malah membuat gaduh.

Menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, masih banyak persoalan penting yang harus diselesaikan Kemenag ketimbang merilis 200 nama mubalig tersebut, seperti kasus penipuan terhadap para calon jemaah umrah, sebab hal itu terjadi akibat ketiadaan tanggung jawab Kemenag.

“Bukan hal baru ini, sudah bertahun-tahun. Enggak bisa dong cuma untuk dibekukan enggak tanggung jawab. Ada pengawasan Kementerian Agama, ada Dirjen ya mesti bertanggung jawab. Jadi kalau soal di daftar daftar itu (daftar 200 mubalig), stop itu memecah-mecah belah bambu,” ujar Zulkifli di kediamannya usai menggelar acara buka puasa bersama dengan sejumlah organisasi masyarakat perempuan, Jakarta, Selasa (29/5/2018).

Diketahui, rilis daftar nama para mubalig menuai kontroversi dari sejumlah pihak. Menteri agama Lukman Hakim Saifuddin melakukan klarifikasi akan hal tersebut. Menurutnya sikap kontra bermunculan karena pihak-pihak belum memahami latar belakang informasi yang dirilis oleh kementerian agama.

Dia mengatakan nama-nama yang telah dirilis akan bertambah seiring berjalannya waktu sekaligus setelah melakukan proses penilaian bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ia juga menyampaikan permintaan maaf atas rilis yang menimbulkan polemik. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here