Zulhas: Indonesia Junjung Hak Umat, Cadar Boleh Saja

389
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. (Foto: mpr)

Bogor, Muslim Obsession – Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi hak-hak umat beragama. Sebab,  dasar negara Indonesia adalah Pancasila yang salah satunya Ketuhanan Yang Maha Esa.

Demikian disebut Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat berbicara di Pesantren Modern Lembah Arafah, Rabu (28/3/2018).

Oleh karenanya, menurut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu, setiap umat beragama berhak mengamalkan syariat agamanya, termasuk muslimah yang ingin menggunakan cadar.

“Cadar itu hak mereka, ya silakan. Kalau keyakinannya dalam beragama begitu silakan saja. Karena kita negara Pancasila,” kata Zulkifli yang akrab disapa Zulhas itu.

Zulhas menjelaskan, pengamalan Pancasila tidak hanya untuk pemeluk agama di Indonesia saja. Dengan Pancasila, rakyat Indonesia bahkan juga harus peduli dengan penduduk negara lain yang tertindas.

Zulhas lalu mencontohkan kasus yang menimpa etinis Muslim Myanmar. Menurutnya, Indonesia peduli dengan nasib etnis Muslim Rohingya bukan semata karena satu keyakinan. Namun karena masyarakat Indonesia murni mengedepankan solidaritas kemanusiaan.

“Kita mengutuk apa yang terjadi di Rohingya bukan karena mereka Islam, Kristen, Hindu, Budha atau yang lain. Kita Indonesia menolak kejahatan karena tidak sesuai dengan ideologi bangsa kita,” tandasnya. (Fath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here