Zaid bin Tsabit Sang Pencatat Wahyu dan Penerjemah Rasulullah

69
Buku dan Pulpen (Foto: DeviantArt)

Muslim Obsession – Zaid bin Tsabit adalah sosok yang patut diteladani. Ia berasal dari Bani Najjar yang merupakan keluarga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di Madinah. Saat Rasulullah tiba di Madinah, kondisi Zaid kala itu adalah seorang anak yatim. Ayahnya wafat pada Perang Bu’ats.

Di tahun pertama hijrah itu, usia Zaid tidak lebih dari 11 tahun. Ia memeluk Islam bersama keluarganya. Rasulullah pun mendoakan keberkahan untuknya.

Pada waktu terjadinya perang Badar tahun 2 hijriah, Zaid baru menginjak usia 13 tahun. Tapi, bersama ayahnya mereka bersikukuh ikut berperang. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarangnya. Karena Zaid terlalu muda dan tubuhnya juga kecil. Begitu juga ketika perang Uhud, Zaid kembali meminta izin kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam agar diperbolehkan ikut berperang. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam masih melarangnya.

Tetapi beliau memberi izin dua anak muda yang tubuhnya kekar dan mempunyai keahlian tertentu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yakni Rafi bin Khudaij dan Samurah bin Jundub. Keduanya berusia limabelas tahun. Zaid bin Tsabit sendiri baru terjun dalam pertempuran dalam perang Khandaq pada tahun ke 5 hijriah. Setelah itu, ia hampir selalu menyertai berbagai pertempuran yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ia pun beranjak dewasa menjadi pemuda yang cerdas dan terpelajar. Karena itu ia mendapat perhatian secara khusus dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi memberinya tugas mulia sebagai pencatat wahyu. Sungguh, Zaid begitu bahagia dipercaya oleh Nabi. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga memotivasinya agar mempelajari beberapa bahasa asing.

Hal itu bukan sesuatu yang sulit bagi Zaid. Beliau dapat menguasai bahasa lisan dan tulisan asing dalam waktu singkat. Karena itu, setiap kali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengirim surat kepada raja-raja di Jazirah Arab dan sekitarnya, beliau mengandalkan Zaid sebagai sekretaris pribadinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here