Yuk, Kenali Introvert dan Cara Mengatasinya

187
Ilustrasi: Introvert.

Muslim Obsession – Pernahkah Anda menemukan rekan kerja, teman, sahabat, atau mungkin kerabat yang cenderung senang menyendiri dibanding berbaur dalam sebuah pertemuan? Atau boleh jadi itu diri Anda sendiri?

Orang yang senang menyendiri dan enggan bersosialisasi, umumnya diketahui sebagai introvert. Yakni jenis kepribadian yang cenderung lebih fokus kepada perasaan dan pikiran yang berasal dari dalam diri.

Oleh karenanya, pribadi introvert seringkali dianggap sebagai pribadi yang tidak suka berhubungan sosial dengan orang lain. Anggapan tersebut sebenarnya tidak selalu benar.

Mengutip Alodokter, orang dengan kepribadian introvert sebenarnya tetap bisa bersosialisasi meski memang terlihat pemalu. Hal ini disebabkan orang introvert cenderung memproses sesuatu secara internal dan berpikir dahulu sebelum bicara, dan juga lebih memilih apa yang perlu diungkapkan pada orang lain dan tidak.

Pribadi introvert bertolak belakang dengan ekstrovert, apalagi dengan tipe kepribadian ENTP (extroverted, intuitive, thinking, perceiving) yang lebih bersifat spontan dan tampak percaya diri mengungkapkan pendapatnya.

BACA JUGA: 11 Manfaat Berenang untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan BB

Ada beberapa ciri kepribadian introvert yang perlu diketahui.

Pertama, pribadi introvert lebih banyak menggunakan lobus frontalis. Otak orang tipe introvert cenderung lebih banyak menggunakan lobus frontalis, yaitu bagian otak yang bertugas merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat.

Kedua, orang dengan tipe introvert berorientasi kepada benak mereka sendiri, dimana mereka lebih suka memikirkan tentang gagasan atau memori di dalam benak mereka sendiri. Karena itu, kegiatan seperti meneliti, membaca, atau menulis  lebih menarik perhatian orang tipe introvert.

Ketiga, pribadi introvert merasa lebih nyaman jika berbicara secara empat mata. Alasan inilah yang menyebabkan orang-orang dengan tipe introvert sulit merasa nyaman jika berbicara dalam sebuah kelompok besar orang. Pribadi introvert biasanya lebih suka berbicara secara mendalam (deep talk) karena dirasa lebih bermanfaat. Adapun interaksi dengan banyak orang dilakukan pribadi introvert hanya untuk sekadarnya saja.

BACA JUGA: Sederet Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Cara Mengatasi Kepribadian Introvert

Secara umum, tipe ekstrovert lebih disukai daripada introvert. Masyarakat menilai introvert memiliki kesehatan mental dan kehidupan yang kurang baik dibandingkan ekstrovert. Padahal, anggapan itu sama sekali tidak benar.

Siapapun memiliki potensi yang sama untuk berkembang dan menajdi bahagia, baik introvert maupun ekstrovert. Hanya saja, kebahagiaan versi orang introvert mungkin berbeda bentuknya dengan kebahagiaan menurut orang ekstrovert. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian introvert tidak perlu merasa rendah diri dan membandingkan diri dengan orang lain serta anggapan umum.

Tak perlu malu memiliki kepribadian introvert. Tak perlu juga ditutupi, bahkan nikmati saja tipe kepribadian tersebut dan kembangkan ke arah yang positif. Ada sejumlah saran bagi pribadi introvert agar mampu mengembangkan diri.

1. Tulislah hal-hal yang menarik

Kesendirian yang disukai pribadi inrovert seringkali berbuah ide karena adanya imajinasi. Cobalah tuangkan ide tersebut dalam sebuah tulisan. Tak perlu tentang diri Anda sendiri, tetapi juga bisa menggunakan jaringan sosial dan membangun hubungan yang kuat dengan banyak orang. Kegiatan semacam ini akan meningkatkan kemampuan komunikasi dan bersosialisasi.

2. Fokus dan geluti bidang yang diminati

Fokus dan geluti suatu hal bisa membuat Anda menjadi sosok yang ahli di bidang tersebut. Kembangkan terus dan tuliskan pengalaman Anda serta bagikan kepada orang lain. Anda bisa mendapatkan kebahagiaan dengan berbagi ide atau karya kepada orang lain.

3. Lakukan interaksi sederhana

Sisihkan sedikit demi sedikit rasa malu Anda. Lakukan interaksi sederhana, seperti menyapa orang dengan kontak mata yang baik, lalu upayakan untuk melakukan percakapan kecil dengan beberapa orang.

4. Belajar public speaking

Pribadi introvert umumnya sulit untuk bisa berbicara di depan orang banyak. Cobalah mengikuti latihan public speaking untuk mengatasinya. Cara ini juga menjadi cara untuk menyalurkan energi yang sangat efisien bagi seorang introvert.

5. Nikmati waktu sendiri

Sesekali luangkan waktu untuk diri sendiri (me time) untuk menyegarkan diri dari kepenatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here