Yuk, Kenali 7 Hal Pemicu Serangan Vertigo

251
Ilustrasi: Vertigo.

Muslim Obsession – Pernahkah Anda mengalami sakit kepala yang ditandai dengan pusing dan sensasi berputar serta mual? Jika ya, tentu Anda bisa membayangkan betapa mengganggunya ketika serangan itu datang.

Itulah Vertigo. Anda yang tiba-tiba suka terserang Vertigo, sebaiknya perlu memahami apa saja hal yang dapat memicu serangan atau kekambuhan.

Mengutip Halodoc, Vertigo sebenarnya merupakan sekumpulan gejala, sehingga ada banyak hal yang dapat memicu munculnya serangan.

Pada sejumlah kasus, sakit kepala jenis ini terjadi akibat gangguan mekanisme keseimbangan pada telinga bagian dalam. Akibatnya, muncul sensasi berputar dan hilangnya keseimbangan ketika sedang kambuh.

Disebabkan sejumlah alasan

Serangan vertigo bisa terjadi karena banyak alasan atau faktor. Beberapa penyebab paling umum adalah kondisi telinga bagian dalam seperti infeksi dan penyakit Meniere. Kondisi yang memengaruhi bagian lain dari tubuh, seperti aritmia jantung juga dapat menyebabkan sakit kepala jenis ini.

Gejala vertigo juga bisa muncul akibat serangan panik atau stres berat. Meski kemungkinan penyebabnya berbeda, kesamaan dari sebagian besar masalah ini adalah sering dipicu oleh hal yang sama.

BACA JUGA: 6 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata, Apa Saja?

Anda harus menyadari apa yang jadi pemicu serangan vertigo dan melakukan upaya untuk menghindarinya. Berikut ini kemungkinan hal yang bisa memicu sakit kepala jenis ini secara umum:

1. Membungkuk. Misalnya untuk mengambil barang di lantai. Menekuk lutut dapat mencegah hal ini dengan memungkinkan untuk menjaga kepala dalam posisi tegak.

2. Peregangan pada leher. Misalnya untuk mengambil barang di rak yang tinggi. Menggunakan pijakan atau menghindari aktivitas ini dapat mencegah serangan vertigo dengan memungkinkan kamu untuk menjaga kepala dan leher tetap stabil.

3. Mengubah posisi dengan cepat. Terutama saat berdiri atau bangun dari tempat tidur.

4. Memutar, memiringkan atau menggerakkan kepala dengan cepat. Menjaga gerakan tetap santai dan stabil akan membantu menghindari gejala.

BACA JUGA: 11 Manfaat Berenang untuk Kesehatan, Salah Satunya Menurunkan BB

5. Stres, kecemasan, dan depresi. Berbagai hal tersebut memicu serangan vertigo. Lakukan apa yang kamu bisa untuk mengelola stres dan kecemasan dengan baik.

6. Sinyal visual yang membingungkan. Misalnya saat duduk diam di kereta, tetapi kamu melihat gerakan melalui jendela, atau ketika mencoba bergerak dalam kegelapan. Kamu dapat mencegah masalah ini dengan melihat jarak yang bergerak lebih lambat saat bepergian, atau menyalakan lampu di malam hari.

7.Konsumsi makanan tertentu. Gejala bisa kambuh akibat makanan yang dapat memicu gangguan sirkulasi darah, seperti daging merah, jeroan, makanan yang digoreng, kopi, atau minuman beralkohol.

Selain berbagai hal itu, kamu mungkin menemukan bahwa ada hal-hal lain yang dapat memicu gejala. Sebaiknya catat kapan dan di mana serangan terjadi, dan perlahan temukan polanya. Jika kamu melihat sesuatu yang tampaknya memicu gejala, cobalah untuk menghindarinya.

BACA JUGA: Sederet Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Selain mengetahui potensi pemicu serangan vertigo, penting juga untuk memeriksakan diri ke dokter jika sering mengalami gejala. Jika ada penyebab yang mendasari seperti gangguan telinga bagian dalam, maka dokter spesialis THT mungkin dapat memberikan pengobatan untuk mencegah serangan di masa depan.

Bila Anda mencatat kapan saja serangan vertigo muncul dan hal-hal yang kemungkinan jadi pemicunya, tunjukkan catatan tersebut ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa menentukan penyebab dan membuat diagnosis yang lebih akurat.

Ketika penyebab dari vertigo diketahui, jalani pengobatan yang ditentukan dokter dengan baik. Tanyakan juga pada dokter tentang cara terbaik yang bisa dilakukan ketika gejala atau serangan muncul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here