Yuk! Cek Kalkulator Waktu Tidur yang Baik Sesuai Usia Anda

219
Tidur Miring
Tidur (Foto: ilustrasi)

Muslim Obsession – Melacak jadwal tidur Anda mungkin bukan prioritas utama, tetapi cukup tidur sangat penting untuk kesehatan fisik maupun mental.

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi jumlah tidur yang Anda dapatkan dapat memengaruhi segalanya mulai dari berat dan metabolisme hingga fungsi dan suasana hati Anda.

Bagi banyak orang, waktu bangun adalah konstan. Akan tetapi, jam tidur Anda cenderung bervariasi tergantung pada kehidupan sosial Anda, jadwal kerja, kewajiban keluarga, streaming acara terbaru di Netflix, atau hanya ketika Anda mulai merasa lelah.

Jika Anda sudah tahu dan hafal pada jam berapa Anda harus bangun, maka Anda juga harus tahu jam berapa Anda harus segera tidur.

Bagaimana caranya? Berikut kalkulator waktu tidur yang baik sesuai usia, seperti dilansir Healthline, Kamis (19/12/2019).

Seorang bayi mungkin membutuhkan hingga 17 jam tidur setiap hari, sementara orang dewasa yang lebih tua dapat bertahan hanya dengan 7 jam tidur semalam.

Tetapi pedoman berdasarkan usia adalah benar-benar menjadi sebuah saran berdasarkan penelitian tentang berapa banyak tidur yang Anda butuhkan untuk kesehatan yang optimal karena kebutuhan tubuh Anda berubah.

Menurut National Sleep Foundation, ini adalah pedoman tidur umum untuk berbagai kelompok umur:

  • Bayi yang baru lahir hingga usia 3 bulan: 14 hingga 17 jam 
  • Bayi usia 4 hingga 11 bulan: 12 hingga 15 jam
  • Anak usia 1 hingga 2 tahun: 11 hingga 14 jam
  • Anak usia 3 hingga 5 tahun: 10 hingga 13 jam
  • Anak usia 6 hingga 13 tahun: 9 hingga 11 jam
  • Anak usia 14 hingga 17 tahun: 8 hingga 10 jam
  • Orang Dewasa berusia 18 hingga 64 tahun: 7 hingga 9 jam
  • Lansia berusia 65 tahun ke atas: 7 hingga 8 jam

Meski demikian, kebutuhan tidur setiap orang berbeda, bahkan dalam kelompok umur yang sama. Beberapa orang mungkin memerlukan setidaknya 9 jam tidur malam untuk merasa cukup istirahat, sementara yang lain dalam kelompok usia yang sama mungkin menemukan bahwa 7 jam tidur tepat untuk mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here