Yaman Terus Memburuk, Lima Juta Anak Sekarat Akibat Kelaparan

626
5 Juta Anak-anak Yaman menangis kelaparan (Foto: ACT)

Hodeidah, Muslim Obsession – Satu negeri di antara pertemuan Laut Merah dan Teluk Aden, nasibnya tak juga membaik setelah remuk-redam dihajar konflik bertahun-tahun.

Hari ke hari tak pernah lagi ada kabar baik, negeri itu makin terpuruk di antara laju negara-negara berkembang yang makin melesat termasuk Indonesia. Negeri itu bernama Yaman.

Memasuki pertengahan September 2018, kabar buruk kembali datang dari Yaman. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengirimkan laporan terbaru tentang Yaman. Laporan itu menyebut dua pertiga dari populasi Yaman atau sekitar 64,5 persen dari seluruh populasi Yaman berada dalam kondisi kelaparan.

Laporan itu menyimpulkan bahwa, dua pertiga dari populasi Yaman tak tahu bakal mendapat makanan dari mana di hari berikutnya. Tahun 2016 lalu, populasi Yaman ada di angka 27,58 juta penduduk.

Kabar lebih buruk lagi, anak-anak Yaman tengah mengalami kondisi paling buruknya akibat perang yang tak kunjung usai. Rangkuman data terbaru dari sejumlah lembaga kemanusiaan internasional menuliskan, setidaknya ada lima juta anak-anak Yaman berada dalam kondisi sekarat akibat kelaparan.

Lapar yang diakibatkan karena harga-harga makanan dan minyak di Yaman melonjak tak bisa dikendalikan. Sementara perang sudah membuat jutaan kepala keluarga di Yaman tak punya pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here