Wow! Satu Hari di Venus Sama dengan Setahun Lebih di Bumi

109

Muslim Obsession – Sebuah studi baru secara tepat menghitung durasi satu hari terdekat di Bumi
planet tetangga, Venus, menggunakan gelombang radio, yang memungkinkan para ilmuwan menganalisis aspek lain dari planet berawan dan misterius.

Telah diketahui bahwa Venus memiliki hari terpanjang, waktu yang dibutuhkan planet untuk satu rotasi pada porosnya, dari planet mana pun di tata surya kita, meskipun ada perbedaan di antara perkiraan sebelumnya.

Studi tersebut menemukan bahwa satu rotasi Venus memakan waktu 243.0226 hari Bumi. Karena Venus membutuhkan 225 hari Bumi untuk membuat orbit lengkap mengelilingi matahari, yang berarti satu hari berlangsung lebih lama dari satu tahun di Venus.

Studi ini juga mengukur kemiringan sumbu Venus dan ukuran inti planet, memungkinkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia misterius yang kadang-kadang disebut sebagai “kembaran jahat” Bumi.

Para peneliti mentransmisikan gelombang radio menuju Venus, 21 kali dari 2006 hingga 2020, dari Antena Goldstone NASA di Gurun Mojave di California dan mempelajari gema radio di Goldstone dan di Observatorium Green Bank di West Virginia, yang memberikan informasi tentang ciri-ciri planet tertentu.

“Setiap pengukuran individu diperoleh dengan memperlakukan Venus sebagai bola disko raksasa. Kami menerangi Venus dengan senter raksasa, radar di Goldstone, dan mengamati pantulan saat mereka menyapu permukaan bumi,” kata University of California, Los Angeles. Profesor astronomi planet Angeles (UCLA) Jean-Luc Margot, yang memimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy,” ujarnya dilansir Daily Sabah, Rabu (5/5/2021).

“Venus adalah laboratorium luar biasa untuk memahami pembentukan dan evolusi planet, dan jaraknya sangat dekat. Ada kemungkinan miliaran planet mirip Venus di galaksi,” tambah Margot.

Data baru menunjukkan bahwa inti planet Venus memiliki diameter sekitar 7.000 kilometer (4.360 mil), yang sebanding dengan inti Bumi. Perkiraan inti Venus sebelumnya didasarkan pada pemodelan komputer daripada data observasi.

Intinya hampir pasti terdiri dari besi dan nikel, meskipun tidak jelas apakah padat atau cair, kata Margot.

Venus berputar pada porosnya hampir tegak, artinya Venus tidak memiliki musim yang dapat dilihat, sedangkan Bumi memiliki lebih banyak kemiringan. Studi tersebut menghitung kemiringan Venus sekitar 2,64 derajat. Suhu bumi sekitar 23,5 derajat.

Di atas lanskap firasatnya adalah atmosfer tebal dan beracun yang terutama terdiri dari karbon dioksida, dengan awan tetesan asam sulfat.

Dengan efek rumah kaca yang tak terkendali, suhu permukaannya mencapai 471 derajat Celcius (880 derajat Fahrenheit), cukup panas untuk melelehkan timah.

Venus berputar dari timur ke barat, berlawanan arah dari semua planet lain di tata surya kita kecuali Uranus.

Baca Juga: Penelitian Ungkap Manfaat Akar Jambu Biji

Di sisi lain, siklus siang-malamnya, waktu antara matahari terbit dan bukan panjang putaran aksial tunggal, memakan waktu 117 hari Bumi karena Venus berputar ke arah yang berlawanan dengan jalur orbitnya mengelilingi matahari.

Venus menerima perhatian ilmiah yang lebih sedikit daripada Mars, planet tetangga sebelah Bumi lainnya, dan tujuan tata surya lainnya.

“Saya tidak berpikir Venus akan lebih sulit untuk dipahami dibandingkan planet lain jika kita memiliki data yang memadai, tetapi ada kelangkaan data yang menyedihkan tentang Venus,” ujar Margot.

“Tidak ada misi NASA ke Venus dalam hampir 30 tahun dan sekitar selusin misi NASA ke Mars dalam interval waktu ini,” tutur Margot, menambahkan bahwa temuan baru tentang bagaimana Venus berputar dapat membantu upaya pendaratan di masa depan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here