World Bank Gagas Madrasah Pengembangan SDM Unggul Madrasah

255

Jakarta, Muslim Obsession – Perwakilan World Bank menggagas program Realizing Education’s Promise atau Madrasah Education Quality Reform (MEQR). Mereka melakukan kerja sama dengan Kementerian Agama.

Tujuannya peningkatan kualitas sumber daya manusia lewat peningkatan mutu pendidikan. Kesenjangan dalam sistem pendidikan Indonesia, termasuk dalam penyelenggaraan madrasah perlu untuk segera diatasi. Hal ini yang mendorong World Bank menggagas program tersebut.

Global Director for Education World Bank Jaime Saavedra, saat menemui Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi, di Jakarta, mengatakan program ini bertujuan untuk memberikan dukungan kepada Kemenag untuk melakukan peningkatan kualitas pendidikan di madrasah sehingga menghasilkan SDM unggul.

Program tersebut akan dilaksanakan pada tahun 2020-2024.

“Kami sangat senang dapat mensupport Kementerian ini. Di madrasah, kami melihat contoh pendidikan, bagaimana anak-anak tidak hanya diajarkan tentang pendidikan agama, tapi juga disiapkan untuk memiliki soft skill, dan sebagainya,” kata Jaime, seperti dikutip dari Kemenag, Rabu (20/11/2019).

Melalui program ini, World Bank akan melakukan pendampingan guna meningkatkan mutu madrasah-madrasah di Indonesia, mulai dari penyusunan kebijakan hingga implementasi program.

Hadir bersama Jaime, Program Leader for Human Development in Indonesia and Timor-Leste World Bank Camilla Holmemo, Senior Education Specialist, World Bank Noah Yarrow, dan Operation Manager Rolande Pryce.

Jaime juga menyampaikan pihaknya terbuka untuk melakukan diskusi dan kolaborasi sehingga program yang dilaksanakan sejalan dengan visi misi pemerintah Indonesia.

“Bersama dengan tim Kemenag, kita akan bicarakan, bagaimana program ini dapat mensupport kebutuhan peserta didik sekaligus kebutuhan negara,” imbuhnya.

Tak hanya peserta didik, peningkatan mutu guru-guru madrasah juga akan menjadi perhatian dari program Realizing Education’s Promise MEQR  ini.

“Ini adalah kesempatan besar bagi kita untuk meningkatkan profesionalitas guru-guru madrasah. Karena itu merupakan salah satu faktor penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di madrasah,” papar Jaime.

Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi menyambut baik program yang akan dijalankan ini. Menag juga mengaku sangat berterimakasih karena World Bank telah mensupport institusi, terutama madrasah,”ujar Menag.

Menag berharap, program yang akan dilaksanakan dapat menjangkau seluruh madrasah. Bukan hanya peserta didik dan guru pada madrasah negeri, tapi juga madrasah-madrasah swasta yang ada.

“Banyak permasalahan di madrasah, mulai dari perbaikan sistem pendidikan, kurikulum, hingga profesionalitas guru. Kami berharap dengan adanya program ini, kita bersama-sama dapat meningkatkan mutu seluruh madrasah,” kata Menag mengakhiri. (Way)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here