Wiranto: Korban Gempa dan Tsunami Belum Seluruhnya Dapat Bantuan

460
Masjid Utuh di Sulawesi Tengah (Foto: Medcom)

Jakarta, Muslim Obsession – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebut para korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah belum seluruhnya mendapatkan bantuan. Sistem pengiriman bantuan ke masyarakat yang belum maksimal menjadi sebabnya.

“Belum seluruhnya diterima, mengapa, karena sistem transportasi yang cukup berat. (Bantuan) ini kan karena ton-tonan, bukan kiloan,” ungkap Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (15/10/2018).

Selain itu, Wiranto juga menjelaskan bahwa tidak mudah mengirimkan bantuan yang sangat banyak itu ke tengah masyarakat, karena menurutnya membutuhkan proses yang cukup lama untuk mengangkut bantuan dari pesawat hingga ke truk.

“Tiap ngangkut itu 20 ton, 30 ton, ternyata memang hambatan di lapangan, bongkar muat manual, mengangkut dari lapangan ke gudang manual, dari gudang ke truk manual,” jelasnya.

Salah satu cara untuk memangkas waktu pengiriman bantuan adalah dengan menggunakan alat angkut mekanis bernama forklift. Jadi, kata dia, alat tersebut akan membantu proses pembongkaran barang dari pesawat ke truk pengangkut.

“Sekarang dari Amerika membantu dua forklift, Pak Wapres juga sudah memerintahkan Pelindo 1 mengirimkan forkliftnya. Mudah-mudahan dengan forklif yang terus menerus dateng ini, akan kemudian membuat permasalahan di lapangan menjadi berkurang,” tandasnya. (Bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here