WHO Nyatakan Virus Corona Sebagai Pandemi, Ini Artinya!

441
Virus

Jakarta, Muslim Obsession – Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) secara resmi telah menyatakan wabah virus corona baru di seluruh dunia sebagai pandemi, dengan lebih dari 118.000 kasus di 114 negara dan 4.291 kematian.

“Kami telah menyerukan setiap hari bagi negara-negara untuk mengambil tindakan yang mendesak dan agresif. Kami telah membunyikan bel alarm dengan keras dan jelas,” kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dilansir Aljazeera, Kamis (12/3/2020).

Para pemimpin dari Uni Eropa berjanji untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk mengatasi wabah coronavirus, yang pertama kali muncul di Cina pada akhir tahun lalu.

Virus ini terus menyebar di Amerika Serikat dan muncul di negara-negara baru termasuk Bolivia, Honduras dan Turki, sementara Indonesia, Bulgaria dan Swedia mencatat kematian pertama mereka.

“Lebih dari 66.000 orang telah pulih dari penyakit di seluruh dunia,” menurut Universitas John Hopkins.

Oleh sebab itu, US Capitol akan mengakhiri tur publik pada bulan Maret di tengah wabah coronavirus yang telah membuat lebih dari 1.100 orang sakit di Amerika Serikat dan 125.000 di seluruh dunia.

Uber Technologies Inc mengatakan untuk sementara waktu menangguhkan akun pengendara dan pengemudi yang telah dites positif untuk virus korona atau telah terpapar itu atas arahan otoritas kesehatan.

Perusahaan yang telah mengambil tindakan di beberapa pasar yang terkena dampak, mengaku memiliki tim yang bekerja sepanjang waktu untuk mendukung otoritas kesehatan masyarakat dalam tanggapan mereka terhadap epidemi.

Tim ini adalah kelompok yang sama yang bertugas menangani komunikasi dengan penegak hukum global. Uber mengatakan agen-agennya hanya mengevaluasi akun jika dihubungi oleh pejabat kesehatan tentang seseorang yang dikonfirmasi telah terjangkit atau terkena virus.

Apa itu pandemi?

Pandemi (dari Yunani παν pan semua + δήμος demos orang) adalah epidemik penyakit yang menyebar di wilayah yang luas, benua, atau bahkan di seluruh dunia.

Menurut WHO, pandemik terjadi jika telah memenuhi tiga kondisi:

  • Munculnya penyakit baru pada penduduk
  • Menginfeksi manusia, menyebabkan penyakit berbahaya
  • Penyakit dapat menyebar dengan mudah dan berkelanjutan di antara manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here