WHO: Kecanduan Main Game Termasuk Gangguan Kejiwaan

763

Agar bermain game bisa memberi dampak positif

Meski bermain game bisa menyebabkan seseorang jatuh ke dalam gangguan kejiwaan berupa gaming disorder, bermain game tidak selamanya memberi efek negatif.

Beberapa studi menemukan bahwa bermain game bisa memberikan dampak positif, baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa.

Dampak positif bermain game di antaranya adalah meningkatkan kemampuan kognitif dan kreativitas, mengurangi stres, dan meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah (problem-solving).

Studi juga menemukan bahwa jenis game yang dimainkan bersama-sama dengan sekelompok orang dapat mengasah kemampuan dalam bersosialisasi dan melakukan negosiasi dengan orang lain.

Agar bermain game memberikan dampak positif dan tidak menyebabkan seseorang jatuh ke dalam kondisi kecanduan, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan, yaitu:

  • Disiplin dalam membatasi waktu bermain game

Bermain game mudah menyebabkan seseorang lupa waktu untuk berhenti dan melakukan kegiatan yang lain. Agar bermain game tak menjadi kecanduan, seseorang harus bisa disiplin dengan dirinya sendiri dengan membatasi waktu dalam bermain.

Untuk kepentingan kesehatan, usahakan agar main game tak lebih dari 1-2 jam dalam sehari, sebab berisiko memicu obesitas, penyakit penyumbatan pembuluh darah, dan kelelahan mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here