WHO: Anak di Bawah 5 Tahun Tidak Boleh Main HP Lebih dari Sejam Per Hari

121
Anak bermain hp (Foto: Christian Science Monitor)

Jakarta, Muslim Obsession – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan pedoman pertama kalinya untuk menetapkan berapa banyak waktu anak di depan layar handphone (HP).

WHO merilis bahwa anak-anak usia di bawah 5 tahun untuk tidak terlalu banyak melihat layar HP. Sedangkan bayi atau anak di bawah usia satu tahun tidak boleh sama sekali.

Badan kesehatan AS mengatakan pada hari Rabu (24/4) bahwa anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak boleh menghabiskan lebih dari satu jam menonton layar HP setiap hari, jika lebih sedikit akan lebih baik.

Pedoman ini agak mirip dengan saran dari American Academy of Pediatrics. Kelompok itu merekomendasikan anak-anak di bawah 18 bulan harus menghindari layar HP selain obrolan video.

Dikatakan, orangtua dari anak-anak di bawah dua tahun harus memilih pemrograman berkualitas tinggi dengan nilai pendidikan dan di bawah pengawasan. Beberapa kelompok berpendapat pedoman waktu layar WHO gagal mempertimbangkan potensi manfaat media digital.

“Pedoman waktu yang dikeluarkan WHO terlalu berfokus pada kuantitas waktu layar dan gagal mempertimbangkan konten dan konteks penggunaan,” kata Andrew Przybylski, direktur penelitian di Oxford Internet Institute di University of Oxford, seperti dirilis Daily Sabah.

“Tidak semua waktu untuk bermain HP dibuat sama,” ujar Royal College of Paediatrics and Child Health di Inggris mengatakan data yang tersedia terlalu lemah untuk memungkinkan para ahli menetapkan ambang batas untuk tingkat waktu yang sesuai.

“Penelitian kami telah menunjukkan bahwa saat ini tidak ada bukti yang cukup kuat untuk mendukung pengaturan batas waktu layar,” kata Dr Max Davie, Petugas Peningkatan Kesehatan kampus.

“Batas waktu layar terbatas yang disarankan oleh WHO tampaknya tidak sebanding dengan potensi bahayanya,” katanya.

WHO tidak secara khusus merinci potensi kerusakan yang disebabkan oleh terlalu banyak waktu tayang, tetapi mengatakan pedoman – yang juga mencakup rekomendasi untuk aktivitas fisik dan tidur – diperlukan untuk mengatasi peningkatan jumlah perilaku menetap dalam populasi umum.

Tercatat bahwa aktivitas fisik adalah faktor risiko utama kematian dan penyumbang peningkatan obesitas. Badan itu mengatakan bayi yang berusia kurang dari 1 tahun harus menghabiskan setidaknya setengah jam setiap hari untuk perutnya dan anak-anak yang lebih besar harus mendapatkan setidaknya tiga jam aktivitas fisik setiap hari. (Vina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here