WhatsApp Menangis! Sejumlah Negara Rame-Rame Beralih ke BiP

18249

Muslim Obsession – Diakui banyak orang yang kecewa dengan peraturan baru WhatsApp yang tidak menyenangkan. Baru-baru ini aplikasi BiP ramai dibicarakan. Aplikasi buatan Turki itu dianggap lebih baik dari WhatsApp.

Bahkan, aplikasi komunikasi dan perpesanan BiP melompat ke bagian atas daftar pengguna di Bangladesh setelah kekhawatiran tentang perlindungan privasi di WhatsApp.

Dilansir Homesbo, Selasa (19/1/2021) BiP saat ini memegang posisi teratas di Bangladesh di antara aplikasi perpesanan teratas untuk Android, menurut salah satu pengoptimalan toko aplikasi dan platform intelijen aplikasi seluler terkemuka di dunia, MobileAction.

WhatsApp merosot ke urutan kedua di Bangladesh, sementara urutan selanjutnya diikuti imo, Facebook Messenger dan Telegram Messenger.

Pengguna smartphone di negara bagian delta Asia Selatan mengunduh BiP dalam jumlah besar dan membicarakannya di media sosial.

Anak-anak muda mengklaim bahwa BiP adalah aplikasi fantastis yang diluncurkan oleh Turki di bawah kepemimpinan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Jurnalis yang berbasis di Dhaka, Aoulad Hossain, memuji aplikasi tersebut dan mengatakan kepada Anadolu Agency, “Saya pikir menggunakan aplikasi BiP lebih aman daripada WhatsApp karena otoritas aplikasi telah memastikan bahwa mereka akan menyimpan semua informasi pengguna yang diamankan.”

Dia mengatakan perubahan pada kebijakan privasi WhatsApp mendorongnya untuk beralih. “Karena WhatsApp telah mengubah kebijakannya untuk membagikan sebagian informasi pengguna dengan Facebook, saya khawatir dengan privasi saya dan memutuskan untuk beralih ke BiP,” katanya.

Lonjakan unduhan aplikasi Turki telah mendapatkan momentum di seluruh dunia setelah WhatsApp, yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna, baru-baru ini memperkenalkan perubahan kontroversial pada kebijakan privasinya yang memungkinkannya berbagi lebih banyak data dengan perusahaan induk Facebook.

Operator GSM (Sistem Global untuk Komunikasi Seluler) di Turki – Turkcell, Turk Telekom dan Vodafone – bergandengan tangan untuk aplikasi perpesanan lokal BiP dan sejak itu mengalami respons global yang masif.

Tanggapan besar-besaran di Bangladesh

Tanggapan terhadap BiP di Bangladesh tampaknya termasuk yang teratas di dunia, terutama sejak anak-anak muda di negara mayoritas Muslim itu mulai mengunduh aplikasi dan menyebutnya “aplikasi mereka”.

“Saya suka Turki. Saya suka serial besar Turki Dirilis Ertugrul, Kurulus Osman dan Uyanis: Buyuk Selcuklu,” kata Oliur Rahman, seorang siswa menengah di ibu kota Dhaka kepada Anadolu Agency. “Saya suka pemimpin Turki yang pemberani, Erdogan. Jadi, saya telah mengunduh aplikasi Turki sebagai aplikasi saya dan saya akan menggunakannya secara acak mulai sekarang.”

Memuji inisiatif Turki, seorang karyawan IT di sebuah perusahaan swasta di Dhaka mengatakan BiP perlu menambahkan lebih banyak fitur seperti status dan pilihan tema.

“Anda harus tahu mengapa orang menggunakan WhatsApp dan harus memperkenalkan semua fitur itu dan menambahkan beberapa fitur lagi untuk menarik pengguna,” kata Rakibul Islam.

Saat ini, hampir 110 juta orang di Bangladesh menggunakan ponsel dan seperempatnya menggunakan ponsel pintar dan menikmati internet bersama dengan aplikasi perpesanan yang berbeda, menurut data dari Komisi Pengaturan Telekomunikasi Bangladesh dan laporan media.

“Jika tren mengunduh BiP saat ini terus berlanjut di Bangladesh, dalam beberapa minggu, pengguna aplikasi akan mencapai jutaan,” kata Islam.

Penawaran yang menguntungkan

Data menunjukkan bahwa BiP telah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia.

“BiP adalah platform komunikasi dan kehidupan yang aman, mudah digunakan, dan gratis, yang menawarkan komunikasi tanpa batas dan berbagai fitur utilitas seperti terjemahan instan ke 106 bahasa dan nilai tukar,” kata deskripsi aplikasi.

Ini memungkinkan pengguna di seluler dan web untuk melakukan panggilan video dan audio hingga dengan 10 orang secara bersamaan di seluruh dunia dan berbagi gambar, video, dan lokasi.

Zerina Begum, seorang profesor di Institut Teknologi Informasi Universitas Dhaka, mencirikan kegembiraan di Bangladesh dan seluruh dunia di sekitar BiP sebagai sifat umum manusia.

“Jadi, BiP yang baru diperkenalkan telah menarik perhatian orang dan kekosongan yang dikembangkan oleh langkah kontroversial WhatsApp telah memainkan peran penting untuk meningkatkan aplikasi,” ujar Begum.

Menggarisbawahi sentimen orang Bangladesh, dia mengatakan banyak orang di negara itu seperti Turki dan Erdogan, membantu untuk lebih meningkatkan aplikasi di negara Asia Selatan tersebut.

Dia mendesak pejabat BiP, bagaimanapun, untuk tidak membahayakan privasi pengguna dan kepercayaan yang telah mereka percayakan kepada mereka.

Apa keunggulan lain dari aplikasi BiP?

Keunggulan utamanya ialah mempromosikan kerahasiaan atau privasi. Karena itu, ini dienkripsi ujung ke ujung, yang berarti panggilan suara dan pertukaran pesan akan dirahasiakan dan tidak ada yang bisa meretasnya. Aplikasi ini bekerja sangat mirip dengan aplikasi panggilan video dan perpesanan lainnya termasuk WhatsApp. Aplikasi ini dapat diunduh di iPhone yang diberdayakan iOS dan ponsel yang diberdayakan Android. Aplikasi ini juga dapat digunakan di desktop.

Menurut laporan media Turki, aplikasi perusahaan telepon seluler Turkcell Beep diluncurkan pada tahun 2013. Aplikasi ini digunakan di 192 negara di seluruh dunia dan sebagian besar penggunanya berada di berbagai negara di Eropa.

Hingga saat ini, aplikasi BiP adalah yang paling banyak diunduh di Jerman, dan juga banyak digunakan di sana. Selain itu, banyak orang di Prancis dan Ukraina telah mengunduh aplikasi BiP, kata para pejabat kepada media. Saat ini, ada permintaan besar untuk aplikasi BiP di Eropa dan Timur Tengah, kata pejabat Turkcell.

Panggilan audio-video, pesan, foto dan video dapat dipertukarkan melalui aplikasi ini. Menurut otoritas aplikasi, ada juga sistem untuk obrolan rahasia. Jika pengguna ingin menghapus pesan secara otomatis setelah waktu tertentu, waktu dapat diatur sesuai kebutuhan.

Menurut harian Turki Sabah, BiP telah diunduh 2 juta kali sehari sejak WhatsApp mengumumkan perubahan dalam kebijakan privasi.

Pejabat Turkcell berharap unduhan aplikasi akan mencapai 100 juta sesegera mungkin. Murat Erkan, manajer umum Turkcell, mengatakan kepada Daily Sabah bahwa aplikasi BiP telah diunduh 8,4 juta kali dalam seminggu terakhir.

Dia mengatakan pengguna sedang mempertimbangkan aplikasi BiP sebagai ‘surga privasi’.

BAGIKAN

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here