Waspada! Berikut ini Jenis Emosi yang Bisa Percepat Penuaan Kulit

132
Stres bisa memicu penuaan kulit.

Muslim Obsession – Memiliki kulit yang sehat, ternyata terkait era dengan gaya hidup sehat. Kendati demikian, menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makan bergizi dan berolahraga saja pun belum cukup

Faktor penting lainnya adalah kita juga harus bisa mengelola stres untuk bisa mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda. Stres dan suasana hati yang buruk ternyata dapat mempercepat penuaan kulit.

Lebih parahnya lagi, kita bisa mengalami stres atau buruknya suasana hati tanpa sadar. Sehingga, kulit mengalami penuaan dini tanpa disadari pula.

Dilansir dari Times of India, berikut hal yang perlu Anda ketahui seputar dampak buruknya suasana hati pada kesehatan kulit.

BACA JUGA:

Harus Coba! Ini 5 Tips Miliki Kulit Sehat dan Lembut

Rutin Makan Tomat Bisa Lindungi Kulit dari Kanker

Banyak Makan Buah dan Sayuran Bisa Kurangi Stres, Lho!

Takut

Adrenalin yang timbul ketika merasa takut bisa menyebabkan kulit Anda terlihat lebih kusam dan pucat. Kecuali, jika sedang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik.

Jika ingin mencegah hal tersebut dan mengontrol suasana hati, lakukan gaya hidup sehat secara rutin. Lakukan meditasi agar lebih mudah mengontrol emosi.

Marah

Sedikit berbeda dengan stres, marah dapat menyebabkan timbulnya garis halus karena ekspresi yang terjadi saat mengalaminya.

Penelitian membuktikan bahwa perbaikan sel kulit akan menjadi 4 kali lebih lama ketika marah. Produksi kolagen juga akan terlambat ketika marah dan akan membuat kulit Anda lebih cepat menua.

Stres
Stres bukan hanya memperburuk harimu, tapi juga bisa memproduksi hormon kortisol. Hormon tersebut dapat memperburuk kondisi tubuh secara keseluruhan, termasuk kulit.

Pada kulit, hormon kortisol dapat memperlambat proses regenerasi kulit. Sehingga, kulit akan lebih mudah bermasalah dan menua.

Jika mengonsumsi makanan atau minuman kurang sehat, kondisi kulit saat stres akan semakin buruk. Kulit Anda bisa berjerawat, menipis, kusam, kering serta mengalami pigmentasi.

Depresi
Ekspresi yang dilakukan saat depresi dapat menyebabkan timbulnya garis halus. Bahkan, beberapa orang melakukan perawatan botox untuk menghindari terjadinya penuaan akibat ekspresi yang sering dilakukan ketika depresi.

Kulitmu juga akan lebih lama mereda ketika mengalami peradangan saat depresi. Mata Anda juga akan berkantung, bengkak dan kulit di sekitarnya pun kusam. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here