Wasekjen MUI: Sukses Vaksinasi Kontribusi Semua Pihak Termasuk Ulama

48
Petugas menunjukkan vaksin Covid-19 Sinovac. (Foto: Edwin B/ Muslim Obsession)

Muslim Obsession – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Asrori S Karni, menyebut salah satu isu krusial mengenai literasi pandemi Covid-19 yaitu kesadaran vaksinasi.

Apalagi, kata dia, kasus Covid-19 pada Juli lalu sangat tinggi, dua bulan kemudian turun. Per 7 oktober 2021 lalu, Indonesia menduduki peringkat ke-5 sebagai negara terbanyak melakukan vaksinasi warganya.

Tentu, kata dia, hal ini yang menjadi sorotan bagi sejumlah pihak dari luar negeri seperti WHO dan Menteri Kesehatan G20, dan memberikan apresiasi terkait penanganan Covid-19 di Indonesia.

‘’Yang perlu diapresiasi adalah gelaran vaksinasi. Data sampai 7 oktober 2021, Indonesia peringkat kelima dengan 99 juta orang yang sudah di vaksin sampai 9 oktober, kalau data kemarin untuk dosis satu lebih dari 100 juta, ini masih jauh dari target dari 270 juta masyarakat Indonesia,’’ ungkapnya dalam Webinar Literasi Pandemi dan Pemulihan Ekonomi Se-Papua, (12/10) hasil kerja sama Majelis Ulama Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dia mengaku kaget dengan pencapaian ini. Apalagi, Indonesia bukan negara produksi vaksin tetapi bisa menyediakan dan melakukan vaksin secara cukup baik. Bahkan, Malaysia menjadikan Indonesia sebagai bahan perbandingan dalam melakukan vaksinasi dengan cepat.

‘’Yang perlu kita garis bawahi, ini buah dari kolaborasi bersama. Progress ini bukan Kerjasama satu dua pihak, melainkan kerjasama bersama secara kolaboratif, untuk mengatasi wabah ini. Jadi tidak cukup hanya pemerintah dengan segala elemennya, begitupula masyarakat, dan para ulama,’’ ujarnya.

Oleh karena itu, keterlibatan MUI secara nasional bekerjasama dengan MUI provinsi merupakan agenda yang sangat diperlukan untuk menghadapi pandemi yang dampaknya bukan hanya kesehatan, melainkan sosial dan ekonomi.

‘’Ini dapat memperkokoh kerjasama ini kedepan untuk menghadapi pandemi ini, untuk memulihkan kondisi normal baru itu akan jauh lebih baik,’’ ungkapnya.

Selain itu, dia juga menyoroti perhelatan Pesta Olahraga Nasional (PON) yang sedang berlangsung di Papua. Dia mendoakan agar bisa berjalan dengan lancar.

‘’Semoga ini menjadi kesuksesan nasional dalam upaya tetep mendorong prestasi olah raga,’’ kata dia.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here