Wanita Saudi Masuk Stadion Jadi Berita Utama Internasional

692

Muslim Obsession – Masuknya wanita Saudi ke Stadion Abdullah pada hari Jumat, juga Stadion Internasional Fahd Riyadh pada hari Sabtu untuk menyaksikan pertandingan sepak bola pria, menjadi berita utama internasional sejumlah situs, dilansir Saudi Gazette (14/1/2018).

Dalam pertandingan hari Sabtu, Al-Hilal bermain imbang 1-1 melawan Al-Ittihad.
Pemain pengganti Al-Hilal Mukhtar Fallatah mencetak gol pertama pertandingan tersebut dengan sundulan pada menit ke-57.

Sementara pemain Kuwait Al-Ittihad Fahd Al-Ansari mencetak gol penyeimbang pada menit ke-63 melalui tendangan kuat dari luar area penalti saat bola berubah arah setelah mengenai salah satu pemain Al-Hilal.

“Kehadiran perempuan di stadion olahraga menggarisbawahi upaya yang lebih luas untuk mengintegrasikan kaum perempuan kepada masyarakat dan memberi mereka lebih banyak visibilitas publik,” tulis ABC News.

“Pertandingan Al-Ahli vs Al-Batin di stadion Jeddah, mencetak sejarah pertama wanita duduk di stadion mereka,” tulis The Guardian.

Sedangkan Lamya Khaled Nasser, seorang penggemar sepak bola berusia 32 tahun dari Jeddah, berkomentar di AFP.

“Acara ini membuktikan bahwa kita menuju masa depan yang sejahtera. Saya sangat bangga menjadi saksi perubahan besar ini.”

Ruwayda Ali Qassem, penduduk Jeddah lainnya, mengatakan bahwa ini adalah hari bersejarah di Kerajaan Saudi Arabia.

“Reformasi ini adalah bagian dari proses modernisasi di bawah Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, yang sedang mencoba untuk membuat Kerajaan lebih moderat,” tulis BBC.

Media sosial juga dibanjiri hashtag, tentang masuknya perempuan Saudi ke dalam stadion. Hashtag ini mencapai puluhan ribu kali dalam dua jam saat pertandingan berlangsung.

Beberapa menggunakan hashtag untuk berbagi foto penonton wanita yang memakai pakaian tim kemenangan mereka.

Hari Kamis lalu juga Jeddah mengadakan pameran showroom mobil pertama di Arab Saudi untuk para wanita. Menyusul diberikannya hak bagi mereka untuk mengemudi. (Vina)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here