Wanita Perlu Tahu, Berikut ini 5 Ciri Kanker Serviks

149

Muslim Obsession – Bersama kanker payudara, kanker serviks atau kanker leher rahim disebut sebagai pembunuh wanita nomor satu di Indonesia. Pasalnya, diperkirakan 20 perempuan meninggal setiap harinya karena kanker serviks.

Menukil Halodoc, kanker serviks terjadi karena pertumbuhan sel-sel kanker di leher rahim alias serviks. Pertumbuhan sel terjadi secara tidak terkendali, kemudian berubah menjadi penyakit ganas yang mematikan.

Kabar buruknya, penyakit yang menyerang wanita ini sering terlambat dikenali, sehingga terlambat pula ditangani. Penyakit kanker serviks sering tidak disadari karena awal kemunculannya sering tidak menunjukkan gejala.

Namun, setiap wanita tetap harus mewaspadai dan mengetahui beberapa ciri-ciri kanker serviks yang umum dialami. Dengan begitu, pengobatan bisa segera diberikan dan perkembangan kanker bisa diperlambat atau dicegah menjadi lebih buruk.

Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh beberapa hal, seperti Human papillomavirus (HPV) dan infeksi menular seksual. Saat terpapar HPV, sistem kekebalan tubuh biasanya mencegah virus untuk menimbulkan masalah.

BACA JUGA: Sederet Manfaat Mengkudu untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Imun

Pada beberapa orang, virus terus bertahan di dalam tubuh selama bertahun-tahun, menyebabkan beberapa sel serviks menjadi sel kanker. Meskipun pada awalnya tidak menunjukkan gejala, bukan berarti kanker serviks tidak bisa dikenali sama sekali.

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa menjadi tanda jika kamu mengalami kelainan pada serviks, di antaranya sebagai berikut:

1. Perdarahan Tidak Normal

Perdarahan yang terjadi dapat menjadi pertanda adanya masalah pada tubuh, termasuk kanker serviks. Penyakit ini menyebabkan terjadinya perdarahan tidak normal pada vagina.

Kondisi ini bisa menyebabkan darah keluar lebih banyak atau lebih sedikit saat menstruasi. Kamu juga dapat mengalami perdarahan saat tidak sedang dalam periode menstruasi, atau keluar bersamaan dengan urine dan bahkan ditemukan saat sedang berhubungan intim.

BACA JUGA: Yuk Berjemur! Kurang Vitamin D Rentan Terkena Diabetes, Lho!

2. Keputihan Tidak Wajar

Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita. Namun waspadai jika hal ini terjadi secara tidak wajar, seperti berbau, teksturnya yang berbeda, dan mungkin saja kental saat dipegang.

Perlu diketahui, apabila keputihan dapat menjadi salah satu tanda penyakit berbahaya seperti kanker serviks. Maka dari itu, jika kamu mengalami keputihan yang tampak tidak biasa, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

3. Masalah Buang Air Kecil

Merasakan adanya masalah saat buang air kecil juga dapat menjadi salah satu ciri-ciri dari kanker serviks. Kamu bisa mengalami peningkatan frekuensi buang air kecil atau sulit untuk menahannya, tetapi terasa sakit saat urine keluar dari tubuh. Namun, gejala ini bisa saja terjadi karena penyakit lainnya, seperti infeksi saluran kemih. Segera pastikan jika kamu merasakan masalah ini.

BACA JUGA: 10 Obat Herbal dan Rempah-Rempah Paling Sehat, Salah Satunya Musuh Berat Kanker

4. Nyeri Berhubungan Intim

Pada tingkat yang lebih parah, gejala penyakit ini biasanya dapat berbeda-beda pada setiap wanita. Kanker serviks ternyata juga dapat menyebabkan timbulnya perasaan nyeri saat berhubungan intim, terutama di sekitar panggul. Nyeri yang muncul bisa membuat tidak nyaman, bahkan menyiksa. Namun, hal ini juga dapat disebabkan oleh penyakit lainya yang terjadi di area vagina.

5. Mudah Lelah

Pengidap kanker serviks cenderung mudah lelah dan sering mengalami penurunan berat badan drastis. Kondisi ini terjadi karena anemia yang disebabkan oleh perdarahan tidak normal pada vagina.

Kondisi ini bisa membuat tubuh mudah merasa lelah dan hal itu berlangsung sepanjang hari. Kanker serviks juga mengakibatkan penurunan nafsu makan, sehingga penurunan berat badan rentan terjadi.

Itulah beberapa ciri-ciri dari kanker serviks yang perlu diketahui. Jika Anda mengalami masalah di area bagian intim, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan. Semakin cepat masalah yang terjadi diatasi, semakin baik juga penanganan yang dapat dilakukan agar seseorang yang mengalaminya dapat segera pulih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here