Waktu-Waktu yang Mustajab untuk Berdoa

176
Ilustrasi wanita sedang berdoa setelah shalat. (Foto: ruangmuslimah)

Jakarta, Muslim Obsession – Syarat doa itu mustajab atau cepat terkabul bisa diliat dari bebarapa hal, bisa jadi karena orangnya. Doa orang shalih biasanya lebih cepat tekabul, kadang juga ditentukan oleh tempat berdoanya seperti di Makkah, dan Madinah atau Masjid Nabawi.

Bisa juga ditentukan oleh waktunya. Ada waktu-waktu khusus yang disebut oleh Nabi Muhammad Saw sangat baik untuk berdoa. Berikut di antaranya:

1. Sujud saat shalat

Waktu doa terbaik adalah ketika sujud terakhir, karena, saat sujud menjadi momen terdekat antara kita dan Allah SWT. Saat sujud itulah waktu ter-mustajab untuk berdoa. Hal ini dikukuhkan oleh hadits berikut:

“Seorang hamba yang berada paling dekat dengan Rabb-nya, ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim, no. 482)

2. Setelah shalat fardhu

Dari Abu Umamah Ra, sesungguhnya Rasulullah Sae ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah SWT, beliau menjawab. “Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu.” ( HR. Tirmidzi )

3. Sepertiga malam

“Pada sebagian malam bertahajudlah, sebagai suatu ibadah tambahan bagimu.” (QS. Al-Isra Ayat 79). Beribadah di sepertiga malam, memang sangat spesial.

Di saat sebagian orang sedang menikmati tidurnya, lalu bangun melawan rasa kantuk sambil beribadah. Tentu, cara berdoa di saat ini, Insya Allah akan dikabulkan Allah SWT.

4. Ketika hujan

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.” (HR. Al-Hakim, 2534, di shahihkan Al-Albani di Shahih Al Jami’, 3078).

Banyak yang belum tahu kan, jika hujan turun adalah waktu terbaik untuk berdoa, karena hujan adalah rahmat dari Allah SWT untuk umatnya.

5. Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari penuh berkah dan menjadi waktu paling mustajab untuk berdoa, seperti yang dijelaskan pada hadits berikut :

Rasulullah Saw menyebutkan tentang hari Jumat, kemudian beliau bersabda: “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.”

Lalu, beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari 935, dan Muslim 852)

Jangan lupa baca surat Al Kahfi dan bersedekah juga ya di hari Jumat. Bismillah, memanfaatkan waktu terbaik untuk berdoa dan menyampaikan hajat pada waktu-waktu di atas, niscaya membawa kebaikan. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here