Wakaf untuk Rakyat Aceh Sejak Dua Abad Silam, Ini Sosok Habib Bugak yang Dermawan

171
Syaikh Abdullatif Baltho
Pengelola Baitul Asyi, Syaikh Abdullatif Baltho saat berkunjung ke Aceh pada Senin 5 Desember 2016. (Foto: klikkabar)

Jakarta, Muslim Obsession – Tiap musim haji nama Habib Abdurrahman Bin Alwi Al-Habsyi atau yang lebih populer dikenal dengan nama Habib Bugak Al Asyi atau Habib Bugak selalu muncul. Habib Bugak adalah ulama asal Aceh yang dikenal dermawan dan telah mewakafkan tanahnya untuk dimanfaatkan warga Aceh yang pergi berhaji atau menempuh pendidikan di tanah suci.

Ikrar wakaf yang dilakukan Habib Bugak Al Asyi dua abad yang lalu, hasilnya masih bisa dinikmati oleh jamaah haji asal Aceh sampai saat ini. Berawal dari inisiatif Habib Bugak bahkan sejak dia belum berangkat ke tanah suci.

Dikutip Muslim Obsession dari Kemenag, Rabu (8/8/2018), awal mula cerita ini terjadi pada tahun 1800-an. Habib Bugak yang saat itu masih berada di Aceh, sudah memiliki gagasan untuk mengumpulkan uang, guna membeli tanah di Makkah untuk diwakafkan kepada jamaah haji.

“Selain dari dana yang dimilikinya sendiri, Habib Bugak menjadi inisiator pengumpulan dana dari masyarakat Aceh saat itu,” ujar petugas Wakaf Baitul Asyi, Jamaluddin Affan di kawasan Misfalah, kota Makkah, Senin (6/8/2018) saat pembagian dana wakaf kloter BTJ-01.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here