Wajibkah Menjawab Salam dari Media Sosial?

189
Sosial Media (Foto: womentalk)

Muslim Obsession – Bagaimana hukumnya menjawab salam dari media sosial? Sebagaimana kita tahu, mengucapkan salam ketika berjumpa dengan orang lain merupakan bagian dari perkara yang sangat dianjurkan dan disunahkan, sementara menjawabnya merupakan bagian dari perkara yang wajib.

Saat ini seseorang lebih banyak mengucapkan salam melalui media sosial, seperti WA, IG dan lainnya ketika hendak menghubungi orang lain. Apakah wajib menjawab salam dari media sosial, sebagaimana menjawab salam ketika saling bertemu langsung?

Menjawab salam yang disampaikan melalui media sosial seperti WA, FB, IG dan lainnya adalah wajib sebagaimana menjawab salam yang disampaikan melalui saling tatap muka langsung.

Oleh karena itu, jika ada orang lain mengucapkan salam kepada kita melalui media sosial, maka wajib bagi kita untuk menjawabnya sesaat setelah membaca salam tersebut.

Adapun cara menjawabnya bisa langsung dijawab dalam bentuk tulisan melalui media sosial juga, atau dengan ucapan tanpa dibalas dalam bentuk tulisan. Kedua model jawaban ini sudah bisa menggugurkan kewajiban menjawab salam.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin berikut;

“Jika ada orang dikirimi salam dalam bentuk tulisan, maka dia wajib menjawabnya, adakalanya dengan ucapan atau dengan tulisan.”

Sementara menurut sebagian ulama Syafiiyah, kewajiban menjawab salam yang disampaikan dalam bentuk tulisan ini harus segera dijawab dalam bentuk ucapan sesaat setelah kita membaca salam tersebut. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Syarh Shahih Muslim berikut;

“Ulama Syafiiyah berkata, ‘Menjawab salam ini sifatnya wajib segera dilakukan. Begitu juga jika sebuah salam sampai kepada seseorang dalam bentuk tulisan dalam kertas dari orang yang jauh, maka dia wajib menjawab salam tersebut dengan ucapan sesaat setelah dia membacanya.’”

Wallahu A’lam bish Shawab..

(Vina – dikutip dari Bincang Syariah)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here