Wajah yang Terlihat Lebih Muda dari Usia, Berkaitan dengan Tingkat Kecerdasan

321
Natasha Rizki (Foto: Ilustrasi/Instagram)

Muslim Obsession – Menurut penelitian Wisconsin Longitudinal yang dilansir Bright Side, jika Anda terlihat lebih muda dari usia Anda, hal ini bisa jadi merupakan tanda kecerdasan.

Usia biologis kita sangat jarang cocok dengan perasaan kita yang sebenarnya. Karena, ada terlalu banyak faktor penyebab yang membuat kita tampak lebih tua atau lebih muda, termasuk stres, status keuangan, rutinitas sehari-hari dan seperti yang ditunjukkan sebuah penelitian, yakni kecerdasan.

Idenya adalah bahwa IQ yang tinggi pada akhirnya membuat kita merasa dan terlihat lebih muda dari usia sebenarnya di tahun-tahun berikutnya. Tapi bagaimana caranya?

Konon, IQ memengaruhi kesehatan dan penampilan seiring bertambahnya usia seseorang. Apa yang Anda rasakan tentang usia Anda adalah yang terpenting.

Baca Juga: Gak Pakai Ongkos, Ini 12 Kunci Awet Muda

Studi ini memang terbilang cukup menarik dan pertama kali dimulai pada tahun 1957. Saat itu, peneliti mengukur IQ pada siswa SMA kemudian menanyakan tentang “inner age” mereka dari tahun 1992 hingga 1993 dan pada tahun 2011, saat mereka berusia 71 tahun. Kesimpulannya adalah orang dengan kecerdasan lebih tinggi merasa lebih muda dari usia sebenarnya.

Tetapi bagaimana usia batin seseorang memengaruhi penampilan mereka jika itu didasarkan pada perasaan? Pikirkanlah: merasa lebih tua dan kurang mampu secara fisik dari kita dapat membuat kita tertekan dan mudah terserang penyakit. Semakin kita merasa muda, semakin kita ingin melakukan hal baik dan semakin bersemangat kita tentang hidup.

1. Orang pintar lebih terbuka untuk pengalaman

Dalam banyak hal, keingintahuan dan kegembiraan kita tentang dunia di sekitar kita adalah yang membuat kita merasa awet muda di usia berapa pun.

Orang yang cerdas lebih cenderung menjelajahi negara baru dan mencoba hal-hal baru karena mereka lebih sadar akan kemungkinan yang menunggu. Bepergian membantu kita tetap aktif dan berenergi. Kita semua bisa sepakat bahwa lari ke petualangan lain terdengar jauh lebih baik daripada hanya sekadar rebahan di atas kasur atau sofa.

2. Ini tentang membangun kebiasaan sehat

Pada akhirnya, apa yang kita makan dan bagaimana kita merawat tubuh kita adalah yang paling penting. Dan dibutuhkan komitmen besar untuk benar-benar berpegang teguh pada gaya hidup sehat.

Orang pintar tahu tubuh mereka bisa menderita akibat pilihan buruk yang memotivasi mereka untuk menjaga diri sendiri, sedangkan orang dengan kecerdasan rendah mungkin hanya mengetahuinya di tingkat yang dangkal.

Jadi, ada baiknya untuk mempelajari lebih lanjut tentang tubuh Anda dan apa bahayanya. Ini bisa menakutkan, tetapi akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.

3. Kecerdasan bisa menghasilkan uang, yang datang dengan keuntungan

Pendidikan yang baik sering kali menghasilkan pekerjaan dan urusan uang dengan gaji tinggi. Orang dengan gaji lebih tinggi dari rata-rata memiliki akses ke perawatan medis yang lebih baik, mereka dapat berbelanja secara royal untuk prosedur kecantikan dari waktu ke waktu, mereka makan lebih banyak makanan berkualitas, mereka bepergian – Anda tahu. Perhatian ekstra kecil ini dapat membuat perbedaan besar di tahun-tahun berikutnya.

4. Orang pintar lebih mudah mengatasi stres

Stres adalah penjahat terbesar dalam perjuangan kita untuk tetap awet muda karena stres sebenarnya mempercepat penuaan di tingkat sel.

Orang dengan IQ tinggi lebih mampu memprioritaskan masalah mereka, yang membantu mereka untuk fokus pada penyelesaian satu hal daripada menekankan semuanya sekaligus.

Mereka siap menghadapi tantangan yang datang seiring bertambahnya usia dan merasa tidak terlalu rentan terhadap perubahan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here