Waduh! Bank di Inggris Salah Transfer ke Nasabah Rp2,4 Triliun, Ko Bisa?

72

Jakarta, Muslim Obsession – Pihak Bank Santander asal Inggris melakukan kesalahan transfer ke nasabah hingga US$175 juta atau setara Rp2,4 triliun pada saat Hari Natal, Sabtu (25/12).

Anehnya, kesalahan transfer tersebut terbagi atas 75 ribu transaksi ke 200 akun nasabah, baik perorangan maupun korporat.

“Kami meminta maaf karena ada masalah teknis, beberapa pembayaran dari nasabah perusahaan kami terduplikasi ke beberapa akun nasabah,” tulis Bank Santander dikutip dari CNN Business, Jumat (31/12).

Akibatnya, banyak nasabah yang menerima uang salah kirim tersebut. Pihak perusahaan akan bekerja sama dengan banyak bank di seluruh Inggris untuk memulihkan transaksi ganda selama beberapa hari ke depan.

Bank Santander melihat kesalahan pembayaran ganda lantaran masalah pada penjadwalan. Kesalahan transaksi tersebut sebenarnya merupakan pembayaran reguler dan satu kali termasuk pembayaran bagi pemasok dan gaji karyawan.

Pihak bank akan memulihkan dana salah kirim tersebut melalui mekanisme bank error recovery process. Proses tersebut akan melacak keberadaan uang yang salah kirim di akun nasabah.

Tak hanya Santander, kejadian serupa pernah dialami perbankan dunia Citibank Amerika Serikat yang salah mengirimkan uang hingga US$900 juta atau setara Rp12,8 triliun ke perusahaan kosmetik, Revlon.

Kasus salah transfer Citibank ke Revlon akhirnya berujung di pengadilan, di mana US$500 juta di antaranya tidak dapat dikembalikan.

Sebagai informasi, Bank Santander merupakan bagian dari jaringan perbankan global yakni Banco Santander yang berkantor pusat di Spanyol. Di Inggris sendiri, Santander memiliki 14 juta nasabah dan 616 kantor cabang. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here