Viral Hujan Es di Mina, Ini Penjelasan Kadaker Makkah

80
Kepala Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid (Foto: Kastara.ID)

Makkah, Muslim Obsession – Beredar kabar bahwa Senin (12/8/2019) kemarin terjadi hujan es di wilayah Makkah dan sekitarnya, termasuk Mina. Namun, hal ini dibantah oleh Kepala Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid.

“Yang kami rasakan di Mina itu hujan air biasa saja seperti di tanah air. Tapi karena terjadi di tanah suci, kita bisa rasakan bedanya,” kata Subhan, Selasa (13/8/2019) melalui siaran pers Ditjen PHU.

Subhan menyampaikan ada beberapa akibat dari hujan. Pertama, hujan memang membuat sebagian karpet di tenda Mina basah, tetapi tidak membuat jamaah keluar dari tenda.

Baca Juga:

Mina Diguyur Hujan Es, Netizen: Masya Allah!

“Karpet yang basah dilipat dan sudah kembali selesai. Yang kedua, betul ada beberapa maktab yang listriknya dimatikan. Ini untuk menghindari korsleting listrik akibat genangan air,” kata Subhan.

Saat hujan kemarin, petugas menurut Subhan juga mengimbau jamaah untuk tetap ada di tenda. Ini untuk menghindari resiko penumpukan di wilayah jamarat.

“Jamaah diimbau tetap di tenda. Karena di luaran hujan. Dan juga jemaah yang selesai melontar jumrah, berhenti di jamarat karena berlindung dari hujan. Kalau yang ditenda berangkat ke jamarat, bisa terjadi penumpukan,” jelas Subhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here