Viral Gambar Ka’bah di Batu Hajar Aswad, Benarkah?

77

Jakarta, Muslim Obsession – Baru-baru ini pemerintah Arab Saudi merilis foto terbaru Hajar Aswad untuk pertama kalinya. Di foto tersebut, bisa terlihat dengan jelas bagaimana rupa batu hitam yang Allah turunkan dari surga tersebut.

Ada 3 foto yang dibagikan akun Twitter @hsharifain. Ketiga foto tersebut memperlihatkan detail dari batu Hajar Aswad yang dipercaya memiliki keistimewaan. Foto itu kemudian menjadi viral setelah ada gambar ka’bah dalam batu Hajar Aswad.

Foto pertama memperlihatkan rupa Hajar Aswad yang dilindungi oleh lingkaran perak. Foto semacam ini sudah sering kita lihat di media sosial.

Lalu, foto kedua lebih detail memperlihatkan bentuk batu tersebut secara keseluruhan. Dan foto ketiga memperlihatkan adanya batu hitam di Hajar Aswad.

Menariknya, seorang netizen dengan nama akun Twitter @iamsam48844666 memberitahu kepada pengikutnya bahwa ada Ka’bah di batu Hajar Aswad. Bentuk menyerupai Ka’bah tersebut ada di bagian atas batu Hajar Aswad.

Tidak jelas memang bentuk dari tampilan yang ada di batu tersebut, tapi kalau diperhatikan dengan seksama bentuk yang dianggap Ka’bah itu seperti tampilan Ka’bah dari atas yang dikelilingi bangunan Masjidil Haram.

“Kamu bisa lihat gambar Ka’bah di batu Hajar Aswad,” kata si netizen.

Lalu, akun @hsharifain memberikan klarifikasi mengenai anggapan bahwa ada Ka’bah di batu Hajar Aswad. “Thats actually a watermark,” kata akun yang membagikan foto secara resmi.

Batu Hajar Aswad sendiri merupakan batu hitam berasal dari surga melalui malaikat Jibril. Batu ini terletak di sudut sebelah Tenggara Ka’bah, yaitu sudut darimana Tawaf dimulai.

Batu Hajar Aswad diketahui bagian dari jenis batu ruby. Batu Hajar Aswad terdiri atas delapan keping yang terkumpul dan diikat dengan lingkaran perak. (Albar)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here