Viral BPJS Kesehatan Kumpulkan Debt Collector Kejar Penunggak, Ini Faktanya!

341
BPJS Kesehatan (Foto: Gatra)

Jakarta, Muslim Obsession – Beredar informasi di media sosial yang diunggah oleh akun Facebook yang menarasikan “Tagih Penunggak Iuran, BPJS Kesehatan Punya 3.000 ‘Debt Collector’.”

Dikutip dari situs resmi Kominfo, Selasa (5/11/2019) faktanya, menurut Kepala Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan itu bukan debt collector, tapi ada tim khusus yang akan melakukan penagihan iuran BPJS.

Iqbal menjelaskan lebih lanjut, tugas kader JKN melakukan penagihan peserta dengan cara menelepon atau telekolekting dan juga via SMS. Jika memungkinkan, Kader JKN juga bisa menagih dengan datang langsung ke tiap-tiap rumah dengan sopan dan cara baik-baik.

BPJS Kesehatan kembali menegaskan hanya memiliki kader JKN atau tim yang akan diturunkan untuk menagih iuran BPJS Kesehatan jika peserta menunggak pembayaran. Mereka bukanlah Debt Collector.

“Kami menyampaikan soal debt collector itu sebenarnya tidak ada. Tetapi ada tim yang diturunkan untuk menagih, karena ini kewajiban untuk membayar. Kader JKN namanya,” tegas Iqbal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here